Kompas.com - 01/01/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Selain fungsional, meletakkan cermin di kamar mandi juga bermanfaat untuk membuat kamar mandi sempit terlihat lebih luas. Namun, cermin di kamar mandi sangat rentan sekali kotor dengan noda yang sulit hilang.

Membersihkan cermin mungkin menjadi PR tersendiri, apalagi jika noda sudah berkerak dan butuh tenaga ekstra untuk membersihkannya.

Proses pembersihkan yang tidak tepat juga dapat menggores permukaan cermin dan menyebabkan munculnya garis-garis goresan yang pastinya akan mengganggu.

Melansir dari Mira Showers, Sabtu (1/1/2022), Membersihkan cermin tidak selalu sulit, memakan waktu, atau melelahkan. Berikut ini cara membersihkan cermin kamar mandi lebih cepat dengan cuka putih.

Baca juga: 4 Manfaat Menggunakan Cermin Besar di Kamar Tidur

Alat dan bahan:

  • Cuka putih
  • Air
  • Botol spray
  • Kain katun
  • Cotton bud atau sikat gigi
  • Kain microfiber

Baca juga: Tips Meletakkan Cermin Menurut Feng Shui untuk Keberuntungan

Cara membersihkan:

1. Siapkan kain katun lalu berikan sedikit cuka putih. Mulai bersihkan noda air dan bekas pasta gigi yang membandel dengan menggosoknya perlahan.

2. Bersihkan pula bagian pinggiran frame cermin dengan menggunakan cotton bud dan sikat gigi

3. Campurkan larutan dengan perbandingan 1 (cuka) banding 4 (air) kedalam botol spray, lalu semprotkan ke kain katun atau langsung ke seluruh permukaan cermin

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Cermin yang Benar agar Kembali Berkilau

4. Sebelum semprotan mengering, bersihkan cermin dari sisi ke sisi atau ke atas dan ke bawah dengan kain katun. Hindari menyeka cermin dengan pola lingkaran.

5. Jika noda sudah bersih dan hilang, gunakan kain microfiber bersih untuk mengeringkan permukaan cermin. Gunakan gerakan yang sama yaitu dari sisi ke sisi atau atas ke bawah.

6. Setelah cermin kering, lihat cermin dari samping dan pastikan tidak ada noda dan goresan yang terlewat.

7. Selamat, kini kamu memiliki cermin tanpa noda dan goresan!

Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Cermin di Rumah

Tips:

  • Jika cermin terlalu kotor dan noda sulit hilang, kamu bisa menggunakan alkohol dan kapas untuk membersihkannya.
  • Jika air dirumah terlalu keras, gunakan air sumur atau air suling untuk membuat larutan cuka
  • Jika cermin cenderung beruap saat kamu mandi, tutup permukaan cermin dengan busa cukur, lap dan bersihkan dengan kain microfiber.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.