Kompas.com - 19/01/2022, 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika sedang belanja perlengkapan rumah tangga atau kebutuhan bulanan, mungkin ada keinginan untuk membeli suatu barang dalam jumlah besar.

Walhasil, tak jarang toko-toko perlengkapan rumah tangga menyediakan dua pilihan bagi pembeli, yaitu membeli secara satuan dan borongan.

Baca juga: Tips Belanja Furnitur untuk Lengkapi Rumah Baru

Menurut perencana keuangan tersertifikasi, Prita Ghozie, belanja secara borongan memang lebih menguntungkan dari segi pengeluaran.

Kendati demikian, cara belanja tersebut dapat disesuaikan dengan gaya hidup masing-masing orang. Kira-kira mana gaya belanja yang paling cocok dengan gaya hidup dan kebutuhannya. 

Baca juga: DIY Membuat Tas Belanja dari Kaus Bekas

“Jadi, biar tahu sebenarnya di antara semua produk yang mana, yang cocok untuk gaya hidup. Kalau baru mau mencoba barang, disarankan beli satuan dulu,” kata Prita dalam konferensi pers virtual MR. DIY bertajuk “Semua Ketemu di Sini”, Rabu (19/1/2022).

Adapun hal ini untuk mengetahui cara pakai suatu barang tersebut seperti apa sehingga membeli secara satuan lebih direkomendasikan.

Namun, apabila seseorang telah mengetahui cara pakai dan manfaat dari barang yang hendak dibeli, mereka dapat membelinya secara borongan dan sesuai dengan kebutuhan. 

Baca juga: Bisa Jadi Sarang Bakteri, Begini Cara Mencuci Tas Belanja

“Saat seseorang membeli borongan, secara biaya memang lebih untung dan artinya sudah paham cara pakainya,” ujar Prita.

Karena itu, ketika ditanya gaya belanja mana yang lebih baik, menurut Prita, keduanya bagus, asalkan sesuai dengan kepribadiannya seperti apa. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.