Kompas.com - 19/01/2022, 22:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Balkon merupakan salah satu are di rumah yang biasa digunakan untuk menghabiskan waktu.

Mulai dari, bersantai dengan secangkir teh, berjemur di bawah sinar matahari pagi, menikmati waktu sore atau malam hari, hingga merawat tanaman

Baca juga: Ragam Cara Memaksimalkan Balkon Apartemen agar Lebih Indah dan Nyaman

Tak jarang, kegiatan merawat tanaman membuat balkon rumah kotor. Banyak perlengkapan dan bahan-bahan berkebun yang disimpan di balkon sehingga membuat balkon berantakan serta kurang menarik. 

Padahal, hal ini bisa mengganggu suasana menikmati pemandangan di balkon. Untuk itu, menjaga balkon tetap bersih dan tertata sangat penting.

Mengutip dari Real Estate, Rabu (19/1/2022), berikut cara membersihkan dan membereskan balkon yang digunakan untuk berkebun. 

Baca juga: 4 Tips Merapikan dan Membuat Balkon Tampak Menarik 

Gunakan wadah penyimpanan berpenutup 

Membuat kebun mini di balkon apartemenIsa Long/Shutterstock Membuat kebun mini di balkon apartemen
Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membersihkan balkon adalah simpan alat dan bahan berkebun ke dalam wadah penyimpanan. Ini mencegah peralatan kotor, berkarat, dan rusak saat hujan turun.

Jika tidak ada atap atau penutup di atas balkon, gunakan wadah berpenutup untuk menjaga peralatan tetap bersih dan kering.

Ini juga berarti bahwa menjaga balkon tetap bersih dan teratur adalah tugas mudah karena semuanya berada di satu tempat.  

Baca juga: 4 Cara Melindungi Balkon Rumah dari Paparan Air Hujan 

Gunakan pot tanaman tertutup 

Jaga agar pot tanaman tidak bocor langsung ke permukaan lantai balkon dengan memastikan semuanya berada dalam pot tertutup. 

Ini akan meminimalkan noda dan perubahan warna yang dapat terjadi pada lantai akibat limpasan air dan tanah. Paling penting menjaga balkon tetap bersih. 

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Saat Ingin Menanam Buah dan Sayur di Balkon

 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.