Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Merapikan dan Membuat Balkon Tampak Menarik

Kompas.com - 30/12/2021, 12:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki balkon bisa dibilang sebagai sebuah kemewahan yang ada di rumah karena tidak semua rumah memilikinya.

Bahkan, balkon bisa meningkatkan daya tarik dan nilai jual rumah Anda. Ruang luar rumah yang biasa digunakan sebagai hiburan di luar ruangan atau sekadar menikmati suasana ini merupakan nilai tambah yang besar untuk rumah mana pun. 

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Saat Ingin Menanam Buah dan Sayur di Balkon

Untuk itu, penting menjaga agar balkon tetap terlihat menarik, bebas dari kekacauan, serta digunakan semaksimal mungkin. 

Sayangnya, ada beberapa balkon yang tidak terawat dan tampak berantakan. Balkon tak jarang menjadi tempat menyimpan barang-barang karena tidak memiliki cukup ruang penyimpanan di dalam rumah.  

Nah, balkon rumah Anda telah menjadi ruang penyimpanan dan berantakan, berikut tips membereskan balkon dari kekacauan dikutip dari Real Estate, Kamis (30/12/2021). 

Baca juga: 4 Cara Melindungi Balkon Rumah dari Paparan Air Hujan 

Singkirkan barang-barang besar

Ilustrasi balkon rumahUnsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi balkon rumah
Barang-barang besar yang disimpan di balkon bisa membuat berantakan dan penuh sesak. Untuk itu, segera menyingkirkan furnitur besar dan sekali pakai seperti furnitur rotan yang terlalu besar, tempat barbercue, serta kursi luar ruangan yang berukuran besar. 

Anda bisa menggunakan furnitur tersebut di area luar ruangan lainnya seperti teras dan taman. Gantilah dengan barang-barang yang jauh lebih kecil dan lebih sedikit agar balkon tampak luas. 

Baca juga: 8 Tips Feng Shui Balkon untuk Kekayaan dan Keberuntungan 

Kosongkan ruang lantai yang berharga

Ruang lantai adalah sesuatu yang berharga untuk area di luar ruangan seperti balkon. Balkon sebagian besar hanya memiliki ruang lantai sehingga perlu berhati-hati menempatkan atau menggunakan barang atau furnitur di balkon.

Karena itu, sebaiknya mempertimbangkan kursi bangku (dengan bantal) yang melapisi perimeter ruang.

Selain itu, gunakan hanya beberapa pot tanaman serta barang-barang dekoratif yang menari, tapi sebainya dipasang menempel pada dinding agar tidak memakan ruang pada lantai. 

Baca juga: 4 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Teras dan Balkon 

Pilih furnitur multifungsi 

Ilustrasi balkon rumah.SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi balkon rumah.
Untuk menghemat ruang dan membuat balkon tertata, sebaiknya menggunakan furnitur multifungsi. Misalnya, meja makan lipat yang juga bisa digunakan untuk makan di balkon, tapi juga berfungsi sebagai tempat pajangan dan bisa dilipat saat tidak digunakan sehingga tidak membuat balkon berantakan. 

Jika ingin memiliki beberapa kursi makan di balkon, pertimbangkan menggunakan bangku, yang juga bisa menjadi kotak penyimpanan dengan penutup bantal.

Selain itu, pastikan sedapat mungkin furnitur yang dimiliki dapat ditumpuk sehingga saat tidak menggunakan barang tersebut dapat ditumpuk dengan rapi dan memakan lebih sedikit ruang. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Lantai untuk Teras dan Balkon Rumah 

Buat fokus

Karpet kecil untuk luar ruangan yang diletakkan di tengah balkon akan membantu menentukan ruang. Simpan sebagian besar barang di tepi karpet dan ini akan meningkatkan ukuran balkon 

Sekali lagi, balkon adalah ruang yang seharusnya membuat Anda merasa hidup sedikit lebih mewah. Balkon yang menarik dan tidak berantakan, tentu akan menarik penghuni rumah untuk duduk, bersantai, bahkan menghabiskan waktu luangnya di balkon. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com