Kompas.com - 30/12/2021, 11:17 WIB
Ilustrasi kasur SHUTTERSTOCKIlustrasi kasur

JAKARTA, KOMPAS.com - Manusia menghabiskan rata-rata sepertiga dari hidup mereka di tempat tidur alias tidur. Oleh sebab itu, kebersihan kasur menjadi sangat penting.

Dikutip dari Hunker, Kamis (30/12/2021), penting untuk menjaga kasur tetap bersih dan didesinfeksi, terutama setelah ada orang di rumah yang sakit. Jika Anda tidak memiliki disinfektan di rumah, Anda dapat membuatnya sendiri.

Berikut cara mendisinfeksi kasur agar tidak menjadi sarang bakteri dan kuman.

Baca juga: 5 Cara Mudah dan Efektif Membersihkan Kasur

Ilustrasi kasur tidurUnsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi kasur tidur

Pertama-tama, lepaskan seprai dari tempat tidur dan cuci dengan air panas.

Sebelum Anda benar-benar mendisinfeksi kasur, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Mulailah dengan menaburkan sedikit soda kue atau baking soda ke seluruh bagian atas kasur dan biarkan selama 10 hingga 30 menit.

Soda kue akan menyerap kelembapan yang tertinggal dari tubuh kita dan membantu menghilangkan bau juga.

Gunakan vacuum cleaner dan bersihkan seluruh kasur. Ini akan menghilangkan soda kue dan juga akan membantu menghilangkan debu dan tungau debu yang mungkin hidup di dalam kasur.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini agar Kasur Awet dan Lebih Nyaman

Semprotkan semprotan desinfektan dalam jumlah yang sangat ringan ke seluruh bagian atas kasur Anda. Jangan menjenuhkan kasur, sebab kasur harus bisa cepat kering.

Jika Anda tidak memiliki semprotan disinfektan, Anda dapat mencampur seperempat cangkir suling dengan tiga perempat cangkir isopropil alkohol (70 persen atau lebih tinggi) dalam botol semprot bersih.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.