Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menciptakan Taman yang Indah di Sekitar Kolam Renang

Kompas.com - 14/11/2021, 08:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat taman dan memilih tanaman untuk diletakkan di area sekitar kolam renang membutuhkan waktu, penelitian, dan pertimbangan tertentu.

Ini bukan hanya soal menanam apa yang menurut Anda akan terlihat bagus di sebelah kolam. Pasalnya, beberapa tanaman, terutama pohon, yang ditanam di dekat kolam renang bisa membuat kekacauan besar. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Kolam Renang di Rumah

Mulai dari, tanaman memiliki duri atau ranting yang tajam yang dapat melukai perenang hingga pohon memiliki akar invasif atau pertumbuhan cepat yang mungkin bukan hal baik ditanam di sebelah kolam renang. 

Membuat taman di dekat kolam renang masih memiliki pertimbangan dasar yang harus dihadapi pemilik kolam renang di wilayah mana pun.

Melansir dari The Spruce, Minggu (14/11/2021), berikut enam tips dan saran menciptakan taman yang indah di area sekitar kolam renang. 

Baca juga: 6 Keuntungan Memiliki Pool Tank di Rumah, Pengganti Kolam Renang 

Beli tanaman berdasarkan riset 

Sama dengan meletakkan tanaman di ruangan dalam rumah, meletakkan tanaman di kolam renang juga perlu pertimbangan. 

Misalnya, waspadai tanaman yang rontok. Pohon dan semak buah dan bunga itu mungkin indah. Namun, bisa membuat kekacauan besar ketika daun, buah, juga bunganya jatuh di dalam dan sekitar kolam renang. Tentu saja hal ini membuat Anda harus melakukan pembersihan ekstra. 

Baca juga: Tips Mendekorasi Area Kolam Renang agar Tampak Cantik dan Cozy

 

Hindari tanaman berduri 

Ilustrasi bunga bugenvil atau bunga kertas. PEXELS/GUSTAVO MEDEIROS Ilustrasi bunga bugenvil atau bunga kertas.
Tanaman bunga mawar memang indah untuk ditanam di area kolam renang karena memiliki tampilan bunga yang cantik dan warna yang indah.

Namun, mawar dapat berbahaya untuk diletakkan di taman sekitar kolam renang karena berduri yang melukai perenang, terlebih anak-anak.  Sebaiknya, pilih tanaman yang cantik dan aman seperti bunga bugenvil dan kembang sepatu.  

Baca juga: Manfaat Memiliki Kolam Renang di Rumah

Pilih tanaman dengan perawatan rendah

Lansekap di dekat kolam renang harus meningkatkan lingkungan dan mengatur suasana hati seperti pulau yang tenang atau oasis tersembunyi.

Anda tidak ingin menghabiskan sebagian besar waktu luang untuk memangkas dan memupuk taman kolam, terutama jika sulit diakses. Dengan pemilihan tanaman yang tepat, Anda dapat bersantai di kolam renang serta menikmati pemandangan. 

Baca juga: Rumah Angelina Jolie, Ada Kolam Renang hingga Dikelilingi Taman Mawar 

Hindari tanaman dengan akar invasif

Selama bertahun-tahun, pohon dan tanaman dengan akar invasif dapat merusak struktur kolam renang, area sekitarnya, dan sistem saluran airnya.

Daftar ini mencakup pohon ficus, pohon elm, dan pohon oak. Lakukan riset terlebih dulu untuk menghindari lebih banyak masalah pada kemudian hari.

Ketahui pertumbuhannya

Ilustrasi kolam renang di rumahUnsplash/Dim Hou Ilustrasi kolam renang di rumah
Jika ingin menghemat uang dan menikmati taman yang indah, cobalah trik ini saat membeli tanaman. Ikuti filosofi "lebih kecil, lebih baik". 

Tanaman kecil mudah merawatnya dan periksa label untuk mengetahui ukuran tanaman saat dewasa. Namun, apabila ingin menghabiskan lebih banyak uang untuk tanaman dan lebih memilih untuk tidak memeliharanya, pilih tanaman yang lebih besar dan lebih matang. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menghilangkan Gulma di Taman Secara Permanen

Pilih tanaman asli daerah Anda 

Anda mungkin tergoda oleh gambar-gambar indah dan memesan pohon pisang eksotis dari beberapa situs website, tetapi memilih tanaman tersebut akan membuang-buang uang jika tidak cocok untuk taman Anda.

Sebaiknya, pilih tanaman asli daerah Anda atau yang mudah beradaptasi dengan baik dengan iklim di wilayah Anda. Belanja lokal karena itu akan jauh lebih aman daripada memesan dari internet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com