Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 17:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada berkumpul bersama keluarga dan teman di rumah, terlebih bila suasana rumah sangat mendukung. Acara berkumpul semakin asyik sambil menikmati udara segar di luar rumah atau taman.

Bagi Anda yang memiliki lahan luas di rumah, dapat memanfatkan lahan ekstra tersebut sebagai taman yang sejuk dan nyaman. Rerumputan hijau dan bunga warna-warni yang indah akan membuat taman menjadi salah satu tempat yang nyaman di rumah. 

Baca juga: Rumah Angelina Jolie, Ada Kolam Renang hingga Dikelilingi Taman Mawar

Lahan di taman tidak hanya harus ditanami rumput, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat dek atau lantai outdoor. Selain membuat taman makin indah, keberadaan dek di taman juga memberikan banyak manfaat. Apa saja?

Berikut ini lima manfaat yang diperoleh dari menerapkan dek di taman dilansir dari laman The Garden Granny.  

Baca juga: 5 Langkah Membuat Taman Bunga di Halaman Rumah

Sebagai Ruang Keluarga yang Nyaman

Memiliki dua ruang keluarga mengapa tidak? Ruang keluarga biasanya dibuat di dalam rumah. Namun, tidak ada salahnya membuat ruang keluarga kedua di luar rumah. Sebagai tempat berkumpul dan menyambut tamu, suasana ruang keluarga harus dibuat senyaman mungkin.

Terkadang suasana di dalam rumah terasa membosankan. Karena itu, ruang tamu outdoor akan menjadi tempat yang tepat. Dengan menerapkan lantai outdoor atau dek, sofa atau kursi yang digunakan tidak mudah kotor. 

Baca juga: Cara Membuat Kolam Ikan Sendiri di Area Taman Rumah

Selain itu, pada bagian dek disediakan tenda kecil agar ruang tamu outdoor menjadi teduh. Jadi, ruang keluarga outdoor tetap bisa digunakan meski sedang hujan atau matahari terik.

Membuat Tamu Bahagia di Rumah Anda

Acara pesta bersama teman di rumah akan semakin menyenangkan. Area dek akan menjadi tempat pertama yang dikunjungi teman-teman. Anda bisa menambahkan meja makan dan beberapa kursi ke area dek serta panggangan barbecue.

Dengan begitu, area dek akan menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpul dan menikmati malam yang dingin sambal menyantap daging asap. 

Baca juga: 5 Langkah Membuat Taman Depan Rumah

Perawatan Rendah

Manfaat selanjutnya yang didapat dari mengaplikasikan dek di taman adalah tidak perlu sering-sering membersihkan taman. Dek hanya perlu dibersihkan setiap enam bulan sekali.
Membersihkan dek sangat mudah.

Anda hanya membutuhkan selang dan sikat. Semprot semua lantai outdoor, lalu sikat hingga bersih. Jangan menyemprot dan menyikat dek terlalu keras karena dapat merusaknya. Jadi, pastikan membersihkannya dengan lembut. 

Baca juga: Trik Membuat Taman di Ruang Terbatas

Membuat Suasana Luar Tampak Alami dan Hangat

Untuk menghadirkan tampilan natural dan hangat, orang biasanya menggunakan elemen kayu. Sayangnya, perawatan dek kayu sangat sulit serta mahal. Jika Anda ingin membuat halaman belakang atau taman terlihat alami dan hangat, penghiasan komposit (gabungan) adalah pilihan yang bagus.

Tampilan dek komposit sangat mirip dengan kayu. Hasil yang natural akan membuat siapa pun yang datang ke rumah akan mengira bahwa dek terbuat dari kayu asli. 

Baca juga: Trik Membuat Taman Vertikal di Rumah

Menambah Nilai Jual Rumah

Adanya dek di rumah akan memberikan rasa nyaman dan menyenangkan. Jadi, Anda menjual rumah, orang yanga hendak membeli akan langsung fokus ke dek taman. Mereka akan membayangkan betapa menyenangkannya duduk dan bersantai di dek.

Ini bagus untuk orang-orang yang menemukan rumah mereka sebagai tempat bersantai, melepas lelah, serta menghilangkan penat. Pastinya, juga menambah nilai jual rumah Anda. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com