Kompas.com - 09/01/2022, 08:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang berpikir bahwa feng shui hanya berfokus pada bagian dalam rumah. Padahal, feng shui tidak terbatas pada area di dalam rumah atau ruangan

Ada banyak cara menerapkan prinsip feng shui di luar ruangan seperti di taman rumah untuk menciptakan oasis luar ruangan dan membawa keberuntungan tak peduli berapa pun ukuran taman. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Menurut Feng Shui

 

Aliran Qi

Ilustrasi tamanUnsplash/ÇA?IN KARGI Ilustrasi taman
Melansir dari The Spruce, Minggu (9/1/2022), secara umum, prinsip yang berlaku pada ruangan di dalam rumah juga dapat diterapkan pada ruang di luar rumah. 

Hal ini secara keseluruhan bertujuan menciptakan aliran Qi atau energi kekuatan hidup yang halus dan menenangkan. Tentu Anda ingin berjalan di taman dengan mudah tanpa merasa terhalang sesuatu.

Dinding penahan, jalur, dan tanaman yang lebih tinggi, yang ditempatkan dengan baik, dapat membantu mengarahkan aliran Qi dengan memandu Anda melewati ruang.

Selain itu, bisa pula menggunakan batu berbentuk tidak beraturan untuk membuat jalur berkelok-kelok. Ini memungkinkan Qi mengalir dengan tenang, terkumpul di ruang, serta umumnya lebih bermanfaat daripada taman yang penuh dengan jalan lurus dan sudut tajam.  

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Giok, Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui 

Atur nada dan energi

Sangat penting memiliki titik fokus di taman yang menarik mata lebih dalam dan menciptakan kemudahan. Saat memutuskan apa yang akan dimasukkan sebagai titik fokus, pertimbangkan jenis energi yang ingin dikembangkan.

Fitur api yang menghangatkan, misalnya, akan membawa jenis energi yang berbeda ke taman daripada fitur air yang menenangkan, pohon berbunga yang dramatis, atau area duduk yang tenang.

Selain itu, penambahan elemen logam dengan lonceng angin logam dapat membawa kegembiraan ke taman. 

Baca juga: Mau Menjual Rumah? Ikuti 5 Tips Feng Shui Ini Dulu 

Warna feng shui

Ilustrasi tamanUnsplash/Murat Demircan Ilustrasi taman
Saat mendesain ruang luar, Anda bisa membuatnya tetap sederhana dalam hal feng shui dan warna. Salah satu cara bekerja dengan feng shui dan warna adalah menggunakan teori warna lima elemen untuk menciptakan keseimbangan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.