Kompas.com - 26/05/2022, 09:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Buah lemon kerap dijadikan sebagai produk pembersih alternatif di rumahbagi mereka yang ingin mengurangi penggunaan produk pembersih komersial.

Selain karena buahnya juga dapat dikonsumsi, juga wangi alaminya yang lebih segar untuk dihirup. Air perasan lemon pun dapat dimanfaatkan untuk membersihkan talenan kayu.

Baca juga: 9 Pembersih Buatan Sendiri dari Kulit Lemon

Umumnya, orang-orang akan membuang kulit lemon usai menikmati buah dan memanfaatkan air perasannya.

Padahal, dikutip dari Mind Body Green, Kamis (26/5/2022), kulit lemon bisa digunakan untuk menyegarkan rumah melalui dua cara yang mudah, yakni sebagai berikut.

Pembersih serba guna

Ilustrasi lemon zest, parutan kulit lemon bagian luar. SHUTTERSTOCK/ Diana Taliun Ilustrasi lemon zest, parutan kulit lemon bagian luar.

Sisa kulit lemon dapat dikumpulkan untuk membuat cuka yang diresapi lemon (lemon-infused vinegar) untuk dimasukkan ke dalam pembersih serba guna berbasis cuka.

Adapun cuka adalah pembersih efektif yang bagus untuk membersihkan lemak dan kotoran, serta menghilangkan bau.

Baca juga: Simak, Manfaat Mencuci Seprai Putih dengan Air Perasan Lemon

  • Cara membuat cuka lemon

Untuk membuat cuka lemon, siapkan stoples berkuran 1 liter, 1,5 hingga 2 cangkir kulit lemon yang sudah dicincang, 3-4 cangkir cuka putih, kain penyaring bahan makanan (cheesecloth), dan corong atau saringan.

Isi stoples dengan kulit lemon yang sudah dicincang hingga sekitar tiga perempat penuh. Lalu, tuangkan cuka putih hingga menutupi lemon setidaknya beberapa inci.

Tutup dengan penutup yang tidak reaktif, atau letakkan selembar kertas lilin di antara stoples dengan tutupnya, jika tutupnya berbahan logam standar.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.