Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Lemon untuk Membersihkan Peralatan dan Area di Rumah

Kompas.com - 02/11/2021, 21:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon adalah salah satu bahan pembersih populer yang memiliki banyak manfaat untuk membersihkan berbagai permukaan dan perlengkapan di rumah

Selain itu, lemon juga bermanfaat mengembalikan kilau dari setiap permukaan dan benda, menyegarkan, serta menghilangkan bau

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Pintu Kaca Kamar Mandi dengan Lemon dan Cuka

Bahkan lemon juga dapat membasmi atau menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi bakteri lantaran mengandung asam yang tinggi. Lantas, apa saja manfaat lemon

Melansir dari Family Handyman, Selasa (2/11/2021), berikut manfaat lemon untuk membersihkan peralatan dan area di rumah. 

Baca juga: Catat, Ini 7 Benda di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Lemon 

Menghilangkan noda karat pada panci stainless steel

Ilustrasi peralatan masak stainless steel. SHUTTERSTOCK/MAXX-STUDIO Ilustrasi peralatan masak stainless steel.
Tidak peduli seberapa hati-hati Anda dengan panci stainless steel, pisau steak atau cangkir kopi yang mewah terkadang dapat membuat goresan atau meninggalkan karat kecil karena sisa air.

Untuk menghilangkan noda karat dan goresan ini, Anda dapat menggunakan lemon. Caranya, cukup peras sedikit jus lemon ke dalam spons dan gosokkan ke permukaan yang terdapat noda. Setelah itu, bilas panci dengan air bersih. 

Baca juga: Alasan Mengapa Lemon Dibutuhkan dalam Rutinitas Pembersihan

 

Gunakan sebagai pembersih serbaguna

Cuka dan baking soda dapat melakukan keajaiban untuk membersihkan rumah. Rupanya, kulit lemon bisa melakukannya juga seklaigus mengharumkan ruangan

Cukup simpan kulit lemon di dalam freezer selama beberapa minggu. Setelah itu, tambahkan kulit jeruk (lemon, jeruk nipis, atau jeruk bali) ke wadah seperti stoples dan tuangkan cuka.

Tutup dan biarkan di tempat gelap selama dua minggu. Semakin lama disimpan, semakin baik baunya. Sebelum digunakan, saring pembersih dan buang kulitnya. Pindahkan ke botol semprot dan bersihkan. 

Baca juga: 5 Tips Mudah Menanam Lemon dari Biji 

Membersihkan microwave

Ilustrasi membersihkan microwave dengan lemon. SHUTTERSTOCK/GOFFKEIN.PRO Ilustrasi membersihkan microwave dengan lemon.
Anda bisa mendapatkan microwave yang bersih tanpa menggunakan bahan kimia keras. Cukup peras lemon ke dalam semangkuk air hangat, tambahkan kulit lemon, dan  masukkan ke microwave selama lima menit.

Air akan mulai mendidih dan uapnya akan melonggarkan sisa-sisa makanan kering yang menempel pada permukaan microwave.

Saat timer berbunyi, keluarkan mangkuk panas dengan hati-hati dan gunakan handuk bersih untuk menyeka semuanya hingga bersih. 

Baca juga: 6 Manfaat Lemon untuk Membersihkan dan Menghilangkan Bau di Rumah  

Membersihkan furnitur kayu

Apakah meja antik atau furnitur kayu terlihat agak kusam? Cobalah gunakan lemon untuk mengembalikan kilaunya.

Caranya, untuk furnitur kayu yang dipernis, tambahkan beberapa tetes jus lemon ke dalam setengah cangkir air hangat, lalu mesukkan ke botol semprot. 

Kemudian, semprotkan sedikit cairan pada kain katun lembap dan bersihkan furnitur.

Namun, jika kayu tidak dipernis, campurkan masing-masing dua sendok teh jus lemon dan minyak zaitun, lalu oleskan dengan kain lembut. 

Baca juga: 5 Cara Alami Membasmi Semut pada Tanaman, Pakai Gula hingga Lemon  

Menghapus noda kuning pada pakaian 

Pemutih dapat melawan noda kuning pada pakaian, tapi ini kurang baik karena mengandung bahan kimia serta dapat mengiritasi kulit.

Sebagai solusi, gunakan lemon untuk menghilangkan noda kuning serta mencerahkan pakaian putih. Caranya, campurkan 1/3 cangkir jus lemon dengan 2/3 cangkir air.

Rendam pakaian dalam campuran selama 15 menit, lalu cuci seperti biasa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com