Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2022, 10:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Kita semua tahu betapa pentingnya menghirup udara yang bersih dan segar. Selain baik untuk kesehatan tubuh dan pernapasan, udara segar juga penting untuk kulit serta kesehatan mental.

Udara segar dan bebas polutan dapat menjaga kulit lebih bersih dan sehat serta membuat pikiran lebih tenang saat menghirupnya. 

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Tanda Kualitas Udara di Rumah Anda Buruk

Namun, polusi membuat kualitas udara di luaran menjadi tercemar dan buruk sehingga tak layak menghirupnya. Lantas, bagaimana dengan kualitas udara di dalam rumah

Faktanya, kualitas udara di dalam rumah atau ruangan umumnya lebih buruk dibanding udara di luar ruangan.

Kualitas udara di kebanyakan rumah saat ini rata-rata lima kali lebih tercemar daripada udara di luar ruangan. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh terperangkapnya polutan di dalam ruangan. 

Untuk itu, penting menjaga kualitas udara di dalam rumah agar tetap bersih dan sehat, terlebih pada masa pandemi virus Covid-19 ini. 

Nah, dilansir dari Roohome, Kamis (26/5/20220), berikut empat cara meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan guna menciptakan lingkungan yang lebih sehat. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Meningkatkan Kualitas Udara 

Buka ventilasi secara teratur

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi jendela. Shutterstock/Antoha713 Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi jendela.
paling sederhana meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan adalah membuka ventilasi secara teratur. Buka intu dan jendela untuk membiarkan udara segar masuk dan udara pengap keluar dari rumah. 

Lakukan hal ini setidaknya selama 15 menit setiap hari atau lebih. Jika Anda tinggal di daerah dengan lalu lintas tinggi atau banyak polusi, berinvestasilah pada alat pembersih udara atau air purifier guna membantu menyaring udara.

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kualitas Udara Dalam Ruangan Saat Cuaca Panas 

Menggabungkan air purifier dan sistem HVAC atau AC dengan filter udara partikulat efisiensi tinggi akan memberikan kualitas udara terbaik.

Ventilasi rumah adalah cara terbaik untuk menyingkirkan polutan dalam ruangan. Disarankan juga melakukan tes kemurnian udara untuk menentukan apa yang ada di udara rumah Anda.

Konsultasikan dengan profesional terdekat yang berspesialisasi dalam layanan udara untuk memulai. Ingatlah bahwa ventilasi bekerja paling baik ketika cuaca memungkinkan dan ini hanya satu bagian dari peningkatan kualitas udara di dalam rumah. 

Baca juga: 4 Tips Feng Shui Tempat Tidur untuk Kesehatan dan Kualitas Tidur 

Jaga permukaan tetap bersih 

Debu dan kotoran dapat menumpuk pada permukaan, yang akhirnya terbawa ke udara. Membersihkan berbagai permukaan secara teratur, terutama yang mengumpulkan debu, seperti tirai dan kipas angin gantung, dapat membantu mengurangi polusi dalam ruangan.

Gunakan kain lembap atau pel sebagai pengganti kain kering yang hanya dapat menyebarkan kotoran ke sekitarnya.

Tingkat fokus pada area dengan lalu lintas tinggi serta area Anda dan keluarga menghabiskan sebagian besar waktu seperti ruang keluarga, dapur, juga kamar tidur.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com