Kompas.com - 26/05/2022, 10:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kita semua tahu betapa pentingnya menghirup udara yang bersih dan segar. Selain baik untuk kesehatan tubuh dan pernapasan, udara segar juga penting untuk kulit serta kesehatan mental.

Udara segar dan bebas polutan dapat menjaga kulit lebih bersih dan sehat serta membuat pikiran lebih tenang saat menghirupnya. 

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Tanda Kualitas Udara di Rumah Anda Buruk

Namun, polusi membuat kualitas udara di luaran menjadi tercemar dan buruk sehingga tak layak menghirupnya. Lantas, bagaimana dengan kualitas udara di dalam rumah

Faktanya, kualitas udara di dalam rumah atau ruangan umumnya lebih buruk dibanding udara di luar ruangan.

Kualitas udara di kebanyakan rumah saat ini rata-rata lima kali lebih tercemar daripada udara di luar ruangan. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh terperangkapnya polutan di dalam ruangan. 

Untuk itu, penting menjaga kualitas udara di dalam rumah agar tetap bersih dan sehat, terlebih pada masa pandemi virus Covid-19 ini. 

Nah, dilansir dari Roohome, Kamis (26/5/20220), berikut empat cara meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan guna menciptakan lingkungan yang lebih sehat. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Meningkatkan Kualitas Udara 

Buka ventilasi secara teratur

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi jendela. Shutterstock/Antoha713 Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi jendela.
paling sederhana meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan adalah membuka ventilasi secara teratur. Buka intu dan jendela untuk membiarkan udara segar masuk dan udara pengap keluar dari rumah. 

Lakukan hal ini setidaknya selama 15 menit setiap hari atau lebih. Jika Anda tinggal di daerah dengan lalu lintas tinggi atau banyak polusi, berinvestasilah pada alat pembersih udara atau air purifier guna membantu menyaring udara.

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kualitas Udara Dalam Ruangan Saat Cuaca Panas 

Menggabungkan air purifier dan sistem HVAC atau AC dengan filter udara partikulat efisiensi tinggi akan memberikan kualitas udara terbaik.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Roohome
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.