Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membangun Dek di Rumah

Selain itu, membangun atau memilik dek di rumah merupakan sebuah kemewahan yang dapat meningkatkan tampilan ruang luar dan nilai properti Anda. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membangun dek, dari pertimbangan estetika, lokasi, hingga kebutuhan. Belum lagi, ada beberapa aspek desain yang mungkin mudah diabaikan.

Sebelum memulai proyek, penting memiliki semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan paling tepat.

Dilansir dari Roohome, Kamis (26/5/2022), berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membangun dek di taman rumah. 

Fungsi yang berbeda akan membutuhkan jumlah ruang dan jenis aksesori yang berbeda pula. Untuk itu, cobalah mendiskusikan tujuan Anda dengan kontraktor guna membantu  memutuskan mana yang terbaik. 

Lokasi 

Lokasi dek sering kali ditentukan oleh ukuran properti dan ruang luar Anda. Namun, jika  memiliki beberapa opsi penempatan yang berbeda, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Faktor pertama yang harus dipikirkan adalah kepraktisan. Pertimbangkan ukuran area, seberapa dekat dek dengan pintu masuk ke rumah, pemandangan lokasi, dan opsi privasi Anda.

Selain itu, pertimbangkan cuaca. Apakah area tersebut teduh atau terbuka? Apakah Anda tinggal di daerah berikilmi sejuk, sering mengalami hujan dan angin, atau daerah panas? 

Anggaran Anda akan tercermin dalam setiap keputusan yang dibuat seperti material yang digunakan untuk dek.

Jika memiliki anggaran kecil, papan decking polos menjadi pilihan yang baik. Namun, apabila memiliki lebih banyak uang, pilihan material lantai dek dari kayu solid berkualitas dan tambahakan pencahayaan dek built-in.

Kontraktor atau DIY?

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah menggunakan jasa kontrasktor ntuk membangun dek atau melakukannya sendiri.

Ada banyak keuntungan menggunakan jasa kontraktor, dari hasil pekerjaan berkualitas tinggi, harga bahan yang lebih baik, dan keakraban dengan kode bangunan apa pun yang mungkin perlu Anda pertimbangkan.

Namun, jika Anda memiliki keterampilan dan pengalaman DIY untuk membangun dek sendiri, itu dapat membantu menghemat banyak uang untuk biaya tenaga kerja serta menjadi proyek  menyenangkan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/26/120000176/4-hal-yang-perlu-dipertimbangkan-sebelum-membangun-dek-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke