Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2022, 21:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Halaman belakang atau taman yang rimbun menjadi salah satu tempat menyenangkan untuk bersantai, duduk, dan berkumpul sambil menikmati pemandangan.

Namun, tanpa pencahayaan luar ruang yang efektif, Anda tidak akan mendapatkan manfaat penuh. Taman yang cukup terang tidak hanya membuat kegiatan di taman menjadi mudah, tetapi juga menciptakan suasana yang indah serta nyaman. 

Baca juga: 6 Jenis Pencahayaan Terbaik untuk Kamar Tidur dan Fungsinya

Ada pertimbangan pencahayaan berbeda untuk setiap bagian dari taman dengan solusi berbeda untuk setiap bagian.

Nah, dilansir dari Homes to Loves, Rabu (13/4/2022), berikut tiga ide pencahayaan luar ruang terbaik untuk taman. 

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Pencahayaan Alami di Rumah

Pencahayaan akses 

Ilustrasi pencahayaan dek di halaman belakang rumahSHUTTERSTOCK/Irina Mos Ilustrasi pencahayaan dek di halaman belakang rumah

Merencanakan penerangan yang tepat untuk titik akses, jalur, dan tangga bertujuan untuk keamanan.

"Sangat penting memiliki tingkat pencahayaan yang konsisten di sepanjang jalur dan setiap perubahan tingkat, termasuk anak tangga," kata Nat Corrigan, Direktur Ahli Pencahayaan Lanskap Gardens At Night.

 

Lampu tangga yang biasanya mengarahkan balok ke bawah dapat disembunyikan ke dalam anak tangga atau dipasang pada dinding. 

"Kami biasanya memasang pencahayaan sekitar 300mm dari permukaan tanah dan memastikan pencahayaan merata di seluruh area," kata Nat.

Baca juga: 3 Jenis Pencahayaan untuk Meningkatkan Tampilan Ruang Keluarga  

Pencahayaan fitur

Nat mengatakan tujuan pencahayaan lanskap adalah menggunakan kontras antara cahaya dan bayangan untuk menciptakan suasana.

Lampu aksen terarah digunakan untuk menerangi pohon atau tanaman spesimen serta permukaan bertekstur atau fitur air. 

"Dimungkinkan juga untuk menambahkan lampu downlight ke pohon berkanopi lebar dengan lampu gantung untuk menciptakan efek 'cahaya bulan'," ucap Nat.

Baca juga: 7 Trik Mendapatkan Pencahayaan Alami di Rumah

Pencahayaan untuk area hiburan 

Ilustrasi taman; halaman belakang rumah, pencahayaan di halaman belakang rumahUnsplash/Randy Fath Ilustrasi taman; halaman belakang rumah, pencahayaan di halaman belakang rumah
Membuat skema yang tepat adalah keseimbangan yang rumit. Anda membutuhkan cahaya yang cukup untuk melihat aksinya, tetapi tetap menginginkan suasana tanpa merasa seolah-olah diterangi lampu sorot.

"Adalah umum untuk melihat area hiburan luar ruangan yang diterangi cahaya. Anda ingin visibilitas yang sangat baik di atas barbekyu yang dapat dimatikan saat makan dan opsi yang dapat diredupkan untuk ruang makan," ucapnya. 

Cobalah lilin untuk meja, lentera portabel, dan perabot yang memiliki pancaran sendiri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com