Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memelihara Ikan Mas? Ketahui Dulu Usia dan Lingkungannya

Kompas.com - 13/04/2022, 19:22 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi beberapa orang yang tidak bisa memelihara ikan koi, ikan mas menjadi salah satu alternatif memelihara ikan hias di rumah

Sebab, ada beberapa ikan mas yang memiliki warna dan pola seperti ikan koi. Namun, yang membedakan adalah ukuran mereka lebih kecil dari koi. 

Baca juga: Bisakah Ikan Mas Hidup di Akuarium Tanpa Filter? Simak Penjelasannya

Ketika memelihara ikan mas, beberapa orang akan bertanya berapa lama ikan bisa bertahan hidup?

Dikutip dari The Spruce Pets, Rabu (13/4/2022), sebagian besar ikan mas komet bisa bertahan hidup setidaknya hingga 20 tahun, bahkan ada satu ikan mas yang dapat hidup selama 42 tahun.

Ada berbagai macam jenis ikan mas di dunia. Ada varietas ikan mas mewah yang memiliki tubuh bulat, bola mata menonjol, dan sirip berornamen.

Baca juga: 3 Penyebab Ikan Mas Agresif dan Menyerang Ikan Lain

Untuk mendapatkan jenis ini, banyak generasi ikan mas telah dikawin silangkan. Walhasil, ikan mas mewah memiliki rentang hidup lebih pendek daripada ikan mas komet standar.

Kebanyakan varietas ikan mas mewah dapat hidup hingga usia remaja, tetapi untuk mencapai usia 20 tahun bukan sesuatu yang umum terjadi.

Lingkungan mempengaruhi usia ikan mas

Ilustrasi ikan mas, ikan mas koki. PEXELS/RHEYAN GLENN DELA CRUZ Ilustrasi ikan mas, ikan mas koki.

Ketika semakin besar, ikan mas harus dipindahkan ke akuarium yang lebih besar. Sebab, ikan mas yang mulai berukuran besar tidak lagi cocok untuk akuarium kecil.

Hal ini membuat kualitas air akuarium menjadi buruk dan ikan mas stres. Pada akhirnya, penyakit sekunder karena penurunan fungsi kekebalan akibat stres kronis pun dapat dialami ikan mas. 

Perawatan yang tepat dapat membuat ikan mas berumur panjang dan sehat dengan mudah. 

Baca juga: 4 Tips Merawat dan Memberi Makan Ikan Mas agar Tidak Mudah Mati

Cara membantu memperpanjang usia ikan mas

Apabila ingin menjaga ikan mas bertahan hidup untuk waktu lama dan tetap bahagia, berilah  lingkungan hidup yang tepat. Sayangnya, banyak ikan mas yang masih kecil hidup dalam wadah atau akuarium kecil. 

Namun, meski masih kecil, mulailah memelihara ikan mas dalam wadah berisi 20 galon air atau sekitar 75 liter. Ukuran ini pun hanya untuk satu ikan mas. 

Baca juga: 7 Penyebab Ikan Hias Mati Mendadak

Selain itu, perlu diketahui bahwa ikan mas mudah lapar. Makanan yang dimakannya tidak diubah menjadi massa dengan baik sehingga ikan mengeluarkan banyak kotoran. 

Hal tersebut dapat menurunkan kualitas air jika akuarium tidak rajin dibersihkan. Air yang kotor dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh ikan mas dan membuatnya sakit karena bakteri

Baca juga: Bisakah Ikan Cupang Diberi Pakan Ikan Mas Koki? Ini Penjelasannya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com