Kompas.com - 28/08/2021, 11:01 WIB
Ilustrasi ikan cupang. FREEPIK/TAWATCHAI07Ilustrasi ikan cupang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda pemula dalam memelihara ikan cupang dan tidak tahu pakan apa yang harus diberikan ada ikan Anda?

Barangkali pertanyaan yang dapat muncul adalah, apakah ikan cupang boleh diberi pakan ikan mas koki yang banyak dijual di pasaran?

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Sabtu (28/8/2021), jawaban sederhananya adalah ya, ikan cupang bisa makan dan mencerna pakan ikan mas koki. Namun, makanan semacam ini hanya boleh diberikan sesekali dan tidak menjadi bahan utama dalam nutrisi ikan cupang.

Baca juga: Manfaat dan Cara Memberi Makan Ikan Cupang dengan Kacang Polong

Faktanya, ikan cupang dapat tumbuh dengan baik dan sehat apabila memperoleh asupan protein yang tinggi. Sementara itu, pakan ikan mas koki sering dibuat dari serpihan yang berasal dari sayuran dan buah, yang membuatnya rendah protein dan tinggi karbohidrat.

Ilustrasi ikan cupang.SHUTTERSTOCK/STOCK4289 Ilustrasi ikan cupang.

Meskipun ini sangat cocok untuk ikan mas, ikan cupang jauh lebih pemilih dalam pilihan makanannya. Periksa penjelasan nutrisi pada produk pakan yang akan diberikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika tidak mengandung protein hewani dalam jumlah tinggi seperti kerang atau udang, makanan seperti itu tidak cocok untuk ikan cupang.

Makanan ikan cupang di alam liar

Ikan cupang adalah predator dan karnivora yang dapat memakan hewan kecil berdaging lainnya di alam liar.

Baca juga: Simak, 6 Penyakit Umum yang Diderita Ikan Cupang dan Cara Mengobatinya

Berikut adalah daftar makanan ikan cupang di alam liar, mengapa mereka memakannya, dan mengapa pakan ikan mas koki tidak cocok untuk ikan cupang.

1. Cacing darah

Cacing darah adalah nama untuk berbagai jenis makhluk yang mirip dengan cacing. Namun, biasanya, mereka adalah larva lalat midge yang efektif dan ditandai dengan warna merah cerah.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.