Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara agar Kamar Mandi Selalu Bersih dan Wanginya Tahan Lama

Kompas.com - 23/03/2022, 15:28 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kebersihan kamar mandi seringkali berkaitan erat dengan kebersihan pemilik rumah. Untuk itu kamu tentu tidak ingin kamar mandi terlihat kotor dan bau saat ada tamu yang datang kerumah.

Membersihkan kamar mandi adalah kegiatan yang mudah dan tidak melelahkan jika kamu sudah melakukannya secara rutin. Kamar mandi yang jarang dibersihkan akan memiliki noda yang sudah mengerak dan akan semakin sulit dibersihkan.

Melansir dari kanal Youtube Zulaikha Pratiwy, Rabu (23/2/2022), berikut ini tips membuat kamar mandi bersih dan wangi.

Baca juga: 6 Cara Membuat Kamar Mandi Tetap Segar dan Wangi

Berikan pengharum ruangan

Kamper merupakan pengharum kamar mandi andalan untuk membuat aroma kamar mandi lebih segar dan tidak bau. Meskipun memiliki aroma harum yang segar, kamper sangat cepat habis.

Jika kamper di kamar mandi cepat habis dan menguap, campurkan dengan cairan pengharum pakaian untuk memperlambat proses penguapan dengan aroma yang lebih harum. kamu membutuhkan kamper berbentuk bulat, cairan pengharum pakaian, mangkuk dan wadah kecil.

Baca juga: 7 Benda Ini Tidak Boleh Diletakkan di Kamar Mandi, Kenapa?

Cara membuat pewangi kamar mandi:

1. Masukkan beberapa kamper bulat ke dalam wadah, kamu bisa menggunakan wadah mangkuk untuk mencampur kamper.

2. Lumuri kamper dengan 1 sachet cairan pengharum pakaian hingga kamper sedikit terendam. Diamkan hingga cairan pengharum meresap ke dalam kamper.

3. Setelah cairan pengharum cukup meresap ke dalam kamper, ambil wadah yang lebih kecil untuk menyimpan kamper di dalam kamar mandi. Kamu bisa menggunakan wadah berbahan plastik bekas jelly.

4. Setelah memasukkan kamper dan sedikit cairan pengharum ruangan di wadah-wadah kecil, letakkan wadah di sudut kamar mandi. Pastikan jauh dari jangkauan anak-anak karena bentuknya cukup menarik perhatian. Dengan cara ini kamper akan awet berbulan-bulan dengan aroma yang harum.

Baca juga: 7 Cara Menghadirkan Suasana Spa di Kamar Mandi Rumah

Bersihkan dengan bahan alami

Ilustrasi baking soda atau soda kue untuk mencuci pakaian. PIXABAY/MONFOCUS Ilustrasi baking soda atau soda kue untuk mencuci pakaian.

Jika kamu ingin meminimalisir penggunaan pembersih kimia di rumah, kamu bisa beralih ke bahan pembersih alami yang juga bisa untuk membersihkan kamar mandi berikut ini.

Untuk membersihkan kerak membandel di kamar mandi gunakan sitrun, soda kue, cairan pencuci piring, spons, ember, kuas dan sikat.

Sitrun dan soda kue sangat ampuh untuk mengangkat kerak dan jamur pada keramik. Namun jika kamu tidak memiliki sitrun, kamu bisa menggunakan lemon atau jeruk nipis.

Baca juga: 8 Permasalahan di Kamar Mandi Kecil dan Cara Mengatasinya

Cara membuat larutan pembersih:

1. Campurkan 2 bungkus sitrun dan sedikit soda kue ke dalam ember lalu tambahkan sedikit air. Aduh hingga berbusa. Untuk takarannya kamu bisa sesuaikan dengan luas kamar mandi yang akan dibersihkan.

2. Setelah rata, tambahkan cairan pencuci piring dan masukkan air panas. Aduk hingga semua tercampur rata.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com