Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Memilih Tirai Kamar Mandi yang Awet dan Estetik

Kompas.com - 13/03/2022, 14:21 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tirai kamar mandi mungkin hanya terlihat sebagai dekorasi tambahan. Padahal menaruh tirai di kamar mandi bisa memberikanmu privasi saat mandi.

Selain itu, tirai juga bisa menjadi fokus utama dalam kamar mandi. Nah, bila kamu mulai tertarik menggunakan tirai di kamar mandi.

Berikut ini ada empat tips dalam memilih tirai kamar mandi yang dikutip dari laman Homedit, Minggu (13/3/2022).

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Tirai Kamar Tidur

Memilih tirai yang cocok dengan dekorasi kamar mandi

Sebelum memasang tirai, kamu perlu memperhatikan desain kamar mandi. Hal ini tentu agar tak membuat kamar mandi tampak aneh karena dekorasi yang kontras.

Seperti pemilihan warna untuk tirai. Bila kamar mandi memiliki dinding yang berwarna cerah, kamu bisa menggunakan tirai berwarna lebih gelap.

Namun, kamu juga bisa menggunakan tirai yang sederhana dan berwarna senada dengan dinding. Bahkan kamar mandi bisa tetap terlihat sempurna hanya dengan menggunakan tirai putih transparan.

Baca juga: Apa Bedanya Tirai dan Penutup Jendela? Ketahui Sebelum Membelinya

Mempertimbangkan panjang tirai

Ilustrasi kamar mandi kecil, tirai kamar mandi.Unsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi kamar mandi kecil, tirai kamar mandi.

Dalam memilih tirai untuk kamar mandi, kamu juga perlu mempertimbangkan panjang tirai. Sebab, hal tersebut bisa mempengaruhi esensi dari desain kamar mandi.

Bila kamu menggunakan tirai pendek yang hanya bisa menutupi bagian tengah, maka akan membuat kamar mandi tampak kasual.

Sementara bila menggunakan tirai panjang sampai ke lantai bisa membuat kamar mandi terlihat lebih elegan.

Baca juga: Cara Mencuci Tirai Shower Plastik agar Bebas Jamur dan Bau Apek

Memilih tirai dengan motif yang menarik

Apa kamu tipe orang yang suka berkreasi atau orang dengan ide-ide nyentrik? Kamu bisa menggunakan waktu memilih tirai kamar mandi sebagai sebuah eksperimen dekorasi.

Kamu bisa memilih tirai yang memiliki motif yang menarik hingga lucu. Mungkin juga bisa memilih motif tirai yang menampilkan gambar kartun kesayangan.

Ada banyak ide yang bisa kamu tuangkan dalam pemilihan tirai. Sehingga bisa membuat kamar mandi lebih hidup dan tampak unik.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tirai, Apa Saja?

Mempertimbangkan jenis bahan tirai

Jenis bahan juga bisa menjadi pertimbangan saat memilih tirai. Mungkin kamu akan memilih tirai kamar mandi yang berbahan kain karena lebih terlihat cantik.

Namun, tak ada yang salah bila kamu lebih memilih tirai plastik. Walaupun tirai plastik kurang bisa memikat visual kamar mandi, tapi tirai dengan bahan ini lebih praktis. Sehingga cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka merepotkan diri untuk bersih-bersih.

Meski begitu, jika kamu suka estetika dalam kamar mandi dan kepraktisan perawatan tirai. Kamu bisa memilih tirai dari bahan kain yang tahan air.

Dengan begitu nilai estetika dari kamar mandi tidak berkurang dan kamu tak perlu terlalu sering mencucinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com