Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2022, 07:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk dapat tumbuh dengan baik dan sehat, tanaman membutuhkan asupan nutrisi dari pupuk. Pupuk yang tersedia untuk tanaman berupa pupuk organik atau pupuk nabati dan pupuk kimia.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (15/3/2022), pupuk organik sangat baik bagi tanaman sekaligus dapat memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah.

Pupuk organik terbagi menjadi dua jenis, yaitu pupuk organik padat dan pupuk organik cair (POC). POC dapat dibuat menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam.

Baca juga: Bahaya Memberikan Pupuk Berlebih pada Tanaman

Ilustrasi sabut kelapa kering, yang memiliki banyak manfaat untuk tanaman. SHUTTERSTOCK/MONTREE SANYOS Ilustrasi sabut kelapa kering, yang memiliki banyak manfaat untuk tanaman.

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat POC adalah sabut kelapa. Sabut kelapa merupakan limbah pohon kelapa, yaitu bagian terluar buah kelapa yang membungkus tempurung kelapa.

Pada umumnya limbah ini dianggap tidak memiliki nilai ekonomis. Padahal, sabut kelapa dapat diolah menjadi produk kerajinan, bahan bakar, bahan pupuk organik cair, dan lainnya.

Menurut Kajian Penelitian Badan Litbang Pertanian (2017), satu butir kelapa menghasilkan 0,4 kilogram sabut yang mengandung 30 persen serat yang kaya unsur. Sabut kelapa memiliki ketebalan 5 sampai 6 cm dan terdiri atas lapisan luar serta lapisan dalam.

Komposisi kimia sabut kelapa antara lain selulosa, lignin, pyroligeous acid, gas, arang, ter, tannin, dan potassium.

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Campuran Pupuk Kompos

Banyaknya unsur hara yang dimilikinya membuktikan bahwa sabut kelapa dapat dijadikan bahan pupuk organik cair yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.

Sabut kelapa mengandung unsur kalium sebesar 10,25 persen sehingga bisa menjadi alternatif sumber kalium organik untuk menggantikan pupuk KCl. Sabut kelapa juga digunakan sebagai media tanam dan pembuatan agar-agar kertas.

Unsur hara seperti Ca, Mg, K, Na, dan P sesuai digunakan sebagai bahan pupuk organik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com