Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Campuran Pupuk Kompos

Kompas.com - 13/03/2022, 18:03 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu hobi bercocok tanam, baik tanaman sayur, buah ataupun bunga hias, kamu pasti akan membutuhkan pupuk agar pertumbuhan tanaman cepat dan baik.

Alih-alih menggunakan pupuk kimia untuk menyuburkan tanaman, mengapa tidak coba memanfaatkan bahan-bahan yang sudah disiapkan oleh alam.

Kompos merupakan pupuk organik yang bermanfaat sebagai sumber nutrisi tambahan untuk tanaman.

Pupuk jenis ini terdiri dari campuran bahan-bahan alami yang kaya nutrisi. Istimewanya lagi, bahan-bahan ini bisa kamu dapatkan di sekitarmu.

Melansir dari Planet Protein, Minggu (13/3/2022), berikut ini adalah 7 bahan alami yang bisa digunakan sebagai campuran kompos.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Cair dari Jantung Pisang

Limbah dapur

Salah satu sumber bahan campuran kompos yang paling mudah ditemukan ialah limbah dapur. Namun kamu perlu berhati-hati dan memilih jenis limbah yang tepat untuk dimasukkan ke dalam wadah kompos.

Kamu bisa memasukkan sampah sayur dan buah, namun hindari menambahkan lemak dan minyak hewani. Lemak tidak mudah terurai, lemak yang melapisi bahan kompos lain juga dapat menghambat penguraian.

Baca juga: Gunakan Kedua Pupuk Ini untuk Membuat Cabai Berbuah Lebat

Potongan rumput

Potongan rumput memberikan banyak nitrogen ke tumpukan kompos. Masalahnya adalah jika rumput masih hijau dan tidak mendapatkan oksigen yang cukup, campuran kompos mungkin akan berakhir menjadi basah dan bau.

Sebaiknya keringkan rumput sebelum dimasukkan ke wadah kompos atau campurkan ke dalam daun kering agar lebih seimbang.

Jika kamu menggunakan bahan kimia untuk menyemprot rumput, biarkan rumput sebelum digunakan sebagai campuran kompos agar kandungan kimianya hilang.

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman dan Cara Membuatnya

Daun

Sumber bahan organik lain yang bisa kamu gunakan sebagai campuran kompos ialah daun. Meskipun daun memberikan nutrisi pada kompos, daun kering sulit terurai. Untuk itu sebaiknya cacah daun dan pastikan ia terpotong kecil-kecil.

Kamu juga bisa membiarkannya di kebun lalu potong dengan mesin pemotong rumput sebelum memasukkannya ke campuran kompos.

Baca juga: Catat, Ini Pupuk Perangsang untuk Bunga dan Buah Tanaman Cabai

Koran

Iklan Silvio Berlusconi satu halaman penuh di koran miliknya, Il Giornale, pada Kamis (13/1/2022) jelang pemilihan presiden atau pilpres Italia.AFP/VINCENZO PINTO Iklan Silvio Berlusconi satu halaman penuh di koran miliknya, Il Giornale, pada Kamis (13/1/2022) jelang pemilihan presiden atau pilpres Italia.

Koran tidak memberikan tambahan nutrisi ke kompos, namun ia dapat membuat tekstur kompos menjadi lebih baik.

Pastikan untuk merobek-robek kertas agar lebih cepat terurai. Diamkan cukup lama di tumpukan kompos agar panasnya bisa menguapkan pewarna yang digunakan di kertas.

Baca juga: Cara Menghindari Pemberian Pupuk Berlebih pada Tanaman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com