Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 09/03/2022, 19:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk bisa tumbuh subur, tanaman harus diberikan pupuk sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Pupuk ini bisa didapat di toko tanaman atau membuatnya sendiri di rumah dengan berbagai bahan alami. Ada beberapa bahan alami di rumah yang bisa dijadikan pupuk untuk tanaman.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (9/3/2022), berikut bahan alami yang bisa dijadikan pupuk tanaman dan cara membuatnya. 

Baca juga: Cara Menghindari Pemberian Pupuk Berlebih pada Tanaman 

Garam epsom

Ilustrasi garam epsom.FREEPIK/JCOMP Ilustrasi garam epsom.
Untuk membuat pupuk dari garam epsom, larutkan satu sendok makan garam epsom ke dalam 3,5 liter air, lalu aduk sampai kedua bahan larut merata. 

Gunakan larutan tersebut untuk menyiram tanaman sebanyak sebulan sekali selama musim tanam. Garam epsom terdiri atas magnesium dan sulfat, yang merupakan nutrisi vital bagi tanaman.

Beberapa tanaman yang menyukai magnesium seperti tanaman hias, mawar, paprika, tomat, dan kentang. Gunakan pupuk ini sebagai pengganti makanan tanaman mawar, pupuk nabati, atau makanan tanaman hias. 

Baca juga: 4 Manfaat Pupuk Urea untuk Tanaman yang Perlu Diketahui 

Ampas kopi 

Untuk menghalau uban, campurkan ampas kopi dengan kondisioner menjadi krim masker rambut alami.Pixabay/Eliasfalla Untuk menghalau uban, campurkan ampas kopi dengan kondisioner menjadi krim masker rambut alami.
Untuk memulai membuat pupuk kopi, siapkan lembar kue dan koran, lalu sebarkan ampas kopi di atas lembaran dan biarkan hingga benar-benar mengering.

Setelah mengering, taburkan pupuk ampas kopi pada tanah sekitar pangkal tanaman yang menyukai asam. Bubuk kopi kaya akan nitrogen, magnesium, dan potasium yang merupakan nutrisi tanaman yang sangat penting.

Bubuk kopi juga bersifat asam sehingga dapat membantu meningkatkan keasaman tanah. Azalea, mawar, rhododendron, dan blueberry adalah beberapa tanaman yang mendapat manfaat dari perawatan ini.

Gunakan ini sebagai pengganti makanan tanaman mawar dan pengasaman tanah. Namun, berhati-hatilah tidak berlebihan menggunakannya. Sebab, tanaman yang menyukai asam pun bisa bermasalah jika terlalu banyak mendapat asam. 

Baca juga: Tanaman Terbakar karena Overdosis Pupuk, Bisakah Diselamatkan? 

Cangkang telur 

Letakkan cangkang telur di atas lemari untuk mengusir cicak.Unsplash/Caroline Attwood Letakkan cangkang telur di atas lemari untuk mengusir cicak.
Ketika memasak telur, simpan cangkangnya dan biarkan mengering, kemudian haluskan cangkang kering ke dalam blender. 

Selanjutnya, taburkan bubuk cangkang di sekitar tanaman di kebun Anda. Bubuk cangkang telur terdiri atas kalsium karbonat, yakni bahan utama kapur pertanian. Gunakan ini sebagai pengganti jeruk nipis di kebun.  

Baca juga: 8 Jenis Pupuk yang Ampuh untuk Menyuburkan Tanaman Aglonema

Cuka 

Campurkan satu sendok makan cuka putih dan air, aduk sampai tercampur. Kemudian gunakan larutan tersebut untuk menyiram tanaman dan lakukan penyiraman setiap tiga bulan.

Cuka mengandung asam asetat yang dapat meningkatkan keasaman tanah. Namun, cuka hanya bisa diberikan pada tanaman yang menyukai asam.

Gunakan ini sebagai pengganti pupuk untuk tanaman hias, tanaman mawar, dan pengasaman tanah. Namun, jangan pernah menggunakan cuka langsung untuk menyuburkan tanaman karena cuka murni bersifat herbisida. 

Baca juga: Ingin Tanaman Tumbuh Subur? Gunakan Garam Laut Sebagai Pupuk 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com