Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2022, 15:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Healthline

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemunculan tikus di rumah tak lain karena mencari makanan, kehangatan, atau tempat berlindung. 

Hewan pengerat ini sering menyebabkan kerusakan di rumah seperti mengunyah kabel listrik, menggeroti kayu, masuk ke lemari, dan merusak makanan dengan menggerogoti tas penyimpanan, bahkan wadah plastik

Baca juga: 5 Cara Efektif Mengusir Tikus di Plafon Rumah

Tikus berkembang biak dengan cepat dan menyebarkan penyakit di rumah. Tikus meninggalkan jejak urine dan feses yang mengandung bakteri serta virus, yang menyebabkan penyakit seperti hantavirus, pes, juga leptospirosis. 

Tikus juga dapat melewati ruang sempit karena ukurannya yang kecil, Bahkan celah atau lubang sekecil seperempat inci dapat dilewatinya sehingga perlu mneyegelnya segala celah di rumah. 

Untuk itu, keberadaan tikus di rumah perlu segera dibasmi demi menjaga kebersihan rumah dan kesehatan anggota keluarga. 

Tanda adanya tikus di rumah bisa diketahui dari adanya kotoran tikus, tempat sampah yang berantakan, makanan atau wadah makanan yang digerogoti, serta kabel listrik yang rusak.

Dilansir dari Healthline, Rabu (9/3/202), berikut tips membasmi tikus di rumah dan cara mencegah infestasinya. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengusir Tikus di Kebun agar Tidak Merusak Tanaman 

Memelihara kucing 

Ilustrasi tikus di rumah. PIXABAY/CAPRI23AUTO Ilustrasi tikus di rumah.
Langkan mudah mengusir tikus di rumah adalah memelihara kucing. Seperti diketahui, kucing adalah musuh tikus. 

Bila tidak ada anggota keluarga yang memiliki alergi kucing, coblah memelihara kucing di rumah. Namun, jika memelihara ucing bukan pilihan, belilah kotoran kucing dan sebarkan pada area yang paling sering dikunjungi tikus.

Hal ini dapat bertindak sebagai pencegahan. Pastikan menjauhkan kotoran kucing dari jangkauan anak-anak, ibu hamil, lansia, serta mereka yang memiliki sistem imun lemah. 

Baca juga: 4 Cara Melindungi Kabel Mesin Cuci agar Tidak Dimakan Tikus 

Gunakan minyak esensial

Aroma minyak peppermint dan minyak cengkih yang kuat dapat membasmi tikus di rumah. Untuk membuatnya, basahi bola kapas dengan kedua minyak esensial tersebut dan letakkan pada area yang menarik tikus seperti laci, lemari, dan pintu masuk rumah.

Meski baunya tidak akan cukup mengusir tikus sepenuhnya, ini dapat bekerja bersama dengan metode lain. 

Baca juga: Kucing Makan Tikus, Sebaiknya Larang atau Biarkan?

Pasang perangkap manusiawi

Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik. SHUTTERSTOCK/TOROOK Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik.
Memasng perangkap manusiawi adalah salah satu tips membasmi tikus di rumah. Tips ini membuat tikus tetap hidup dan melepaskannya. Tempatkan perangkap di area rumah yang paling sering dikunjungi tikus dan periksa setiap pagi.

Tikus biasanya keluar mencari makan pada malam hari. Contoh makanan enak untuk menarik perhatian tikus, termasuk selai kacang, keju, dan popcorn mentega.

Pastikan melepaskan setiap tikus yang ditangkap setidaknya satu mil jauhnya dari rumah dan sebaiknya tidak di daerah yang berpenghuni. Jangan menyentuh tikus secara langsung untuk menghindari penyakit yang mungkin dibawanya. 

Baca juga: 3 Hal yang Membuat Tikus Masuk ke Rumah  

Coba larutan cabai

Ilustrasi tikusUnsplash/Belinda Fewings Ilustrasi tikus
Umpan beracun mungkin tampak seperti solusi yang mudah, tetapi bisa juga berisiko. Racun dapat membahayakan hewan peliharaan dan anak-anak di rumah.

Jadi, lebih aman menggunakan umpan dan perawatan yang tidak beracun seperti larutan cabai pekat. Semprotkan larutan pada tempat yang sering dikunjungi tikus,tapi jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan seperti di bawah kompor atau belakang lemari. 

Baca juga: Cara Membuat Racun Tikus Alami dari Singkong dan Air Kelapa 

Kemas ruang dengan wol baja

Selanjutnya, tips membasmi tikus di rumah adalah masukkan wol baja ke ruang sempit yang suka dimasuki tikus. Wol baja tidak mungkin dan tidak enak dikunyah oleh tikus. Ini juga bisa menciptakan pencegah alami bagi tikus

Blok dengan lakban

Setelah mengidentifikasi beberapa titik masuk yang dilalui tikus seperti di bawah wastafel,  sekitar pipa, atau di bagian belakang lemari yang terdapat kabel, tutupi area tersebut dengan selotip atau lakban sehingga tikus tidak bisa masuk ke rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com