Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2022, 18:17 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak hanya dapat menyebabkan kerusakan, hewan pengerat ini juga membawa penyakit bagi penghuni rumah. Untuk itu kehadirannya perlu segera dibasmi sebelum ia berkembang biak di dalam rumahmu.

Tikus sangat menyukai area gelap dan lembab dekat dengan sumber makanan. Mereka seringkali ditemukan di plafon rumah, bahkan tinggal di dalam dinding area dapur ataupun kamar mandi.

Melansir dari Organic Lesson, Sabtu (5/3/2022), jika koloni tikus sudah mulai bersarang di plafon dan dinding rumah, lakukan beberapa tips berikut untuk mengusir mereka.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengusir Tikus di Kebun agar Tidak Merusak Tanaman

Perangkap tikus dari ember buatan sendiri

Ilustrasi tikus di dalam perangkap, perangkap tikus.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHYBYMK Ilustrasi tikus di dalam perangkap, perangkap tikus.

Kamu bisa membuat perangkap tikus dari bahan-bahan yang ada dirumah. Cukup siapkan ember tinggi, bor, papan kayu atau busa, kaleng minuman soda dan gantungan hanger kawat dengan lebar yang sama dengan ember. Berikut langkah-langkahnya:

1. Potong hanger kawat sehingga yang tersisa hanya potongan kawat yang lurus.

2. Selanjutnya, buat dua lubang kecil di dekat bagian atas ember, lubangnya harus cukup besar agar gantungan bisa masuk.

3. Kemudian buat lubang kecil di kedua ujung kaleng, masukkan kawat melalui kedua lubang kaleng lalu gantung di ember yang sudah dilubangi sisi kanan dan kirinya. tambahkan beberapa olesan selai kacang di roda kaleng untuk menarik tikus.

4. Tambahkan papan kayu untuk area tanjakan bagi tikus, saat tikus berdiri di kaleng tikus akan jatuh kedalam ember dan terperangkap di dalamnya.

Baca juga: 4 Cara Melindungi Kabel Mesin Cuci agar Tidak Dimakan Tikus

Beli perangkap tikus

Jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk membuat perangkap tikus sendiri, kamu bisa membelinya di toko pembasmi hama.

Kamu juga perlu meletakkan sedikit umpan pada perangkap, seperti roti, madu atau selai kacang. Tikus akan mendekati umpan dan jatuh ke dalam ember segera setelah papan terbalik.

Manfaat utama dari jebakan ini adalah papan akan kembali ke posisi semula setelah terbalik. Ini berarti jebakan akan menangkap banyak tikus tanpa campur tangan pengguna.

Baca juga: Kucing Makan Tikus, Sebaiknya Larang atau Biarkan?

Gunakan gelombang ultrasonik

Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik. SHUTTERSTOCK/TOROOK Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik.

Perangkat elektronik yang memancarkan gelombang ultrasonik ini hanya dapat didengar oleh tikus karena memiliki frekuensi yang rendah.

Tikus akan mendengar suara melengking bernada tinggi dan tidak akan berani untuk mendekat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com