Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Permasalahan Dekorasi Rumah yang Bisa Diakali dengan Cat

Kompas.com - 02/03/2022, 19:57 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua permasalahan terkait dengan furnitur atau ruangan di dalam rumah membutuhkan perbaikan mahal seperti menyewa jasa profesional.

Dilansir dari Bob Vila, Rabu (2/3/2022), kamu dapat mengakali beberapa permasalahan dekorasi rumah hanya dengan menggunakan cat seperti berikut ini. 

Baca juga: 9 Tips Memilih Warna Cat Berdasarkan Material yang Ada pada Ruangan

Lorong gelap dan membosankan

Ilustrasi lorong.SHUTTERSTOCK / Jodie Johnson Ilustrasi lorong.

Sebagian besar lorong di rumah cenderung gelap, membosankan, dan memberi kesan  menyeramkan.

Untuk mengatasinya, kamu dapat mengecat lorong dengan warna terang dan ceria serta menambahkan beberapa karya seni menarik atau foto keluarga.

Kabinet kuno

Jika belum memiliki bujet untuk mengganti kabinet dapur, gunakan cat untuk membuatnya terlihat segar kembali.

Sebelum mengecat kabinet, jangan lupa membersihkan permukaannya atau mengampelasnya terlebih dulu agar memperoleh hasil akhir yang sempurna.

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Dinding Ruangan Sempit agar Tampak Lebih Luas

Dinding bata yang terlihat

Konsep dinding bata yang terekspos dapat memberi nuansa kuno pada suatu ruangan. Namun, jika susunannya dalam bentuk buruk, ruangan akan terlihat kurang indah.

Untuk itu, kamu dapat mengecatnya menggunakan penyemprot atau roller standar dengan nap tebal. Nap adalah kain yang terdapat pada roller cat.

Biasanya, setiap roller cat memiliki ketebalan nap yang berbeda. Mereka dirancang khusus untuk permukaan yang berbeda di sekitar rumah. 

Baca juga: Pilihan Warna Cat yang Perlu Dihindari untuk Ruang Kerja

Panel kayu yang kusam

Ilustrasi dinding aksen - Tampilan dinding aksen dengan panel kayu bergaya shiplap.SHUTTERSTOCK / Hendrickson Photography Ilustrasi dinding aksen - Tampilan dinding aksen dengan panel kayu bergaya shiplap.

Panel kayu sempat menjadi tren interior pada 1970-an. Jika rumahmu memiliki panel kayu yang kusam, segarkan tampilannya kembali dengan cat apabila tidak ingin menggantinya atau belum ada bujet.

Proses pengecatannya sama dengan mengecat furnitur kayu. Hanya saja, jangan lupa  mengelap dan mengampelasnya terlebih dulu sebelum mengecatnya. 

Baca juga: Catat, Warna Cat Dinding Terbaik untuk Kamar Tidur Sempit

Ruangan kecil atau gelap

Pilihan warna yang tepat dapat membuat ruang kecil terlihat lebih besar. Jadi, pilih warna cat yang dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan tampak besar serta luas. 

Sementara untuk mencerahkan ruangan gelap, pilih cat berwarna terang yang memiliki nuansa hangat.

Kenop dan gagang kuno

Jika tampilan kenop dan gagang lemari dapur sudah terlihat kuno, kamu tidak perlu menggantinya dengan yang baru. Cukup mengecat kenop dan gagang lemari dapur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com