Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2022, 17:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman cabai cukup rentan terserang hama. Salah satu kondisi tanaman cabai terserang hama adalah daun cabai keriting dan pohon menjadi kerdil.

Penyebab daun cabai keriting tersebut adalah hama thrips. Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (2/3/2022), hama thrips dengan nama latin Thrips parvisipinus ini berbentuk sangat kecil namun masih terlihat dengan mata telanjang.

Ukuran panjangnya kurang lebih 0,5 sampai 1,5 mm. Hama ini menyerang tanaman cabai dengan cara mengisap cairan tanaman pada daun muda dan bunga.

Baca juga: 3 Hama Penyebab Daun Tanaman Cabai Keriting dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi tanaman cabai yang terserang hama Thrips.SHUTTERSTOCK/ANNA RAJITVILAI Ilustrasi tanaman cabai yang terserang hama Thrips.

Gejala yang ditimbulkan dari serangan hama thrips terlihat dari permukaan bawah daun atau bunga. Kerusakan tanaman ditandai dengan adanya bercak-bercak putih atau keperakan maupun kekuning-kuningan, terutama pada permukaan bawah daun.

Gejala bercak keperak-perakan awalnya tampak dekat tulang daun, kemudian menjalar ke tulang daun hingga seluruh permukaan daun cabai menjadi kuning. Daun kemudian berubah berwarna coklat, mengeriting atau keriput dan akhirnya kering.

Pada intensitas serangan yang tinggi, tepi daun berkerut, mengulung ke atas dan timbul benjolan seperti tumor. Pada daun yang menggulung itulah tempat berkembang biaknya hama thrips.

Apabila gulungan itu dibuka akan terlihat kutu-kutu yang berkelompok. Jika sudah demikian, akibatnya pertumbuhan tanaman menjadi kerdil dan tidak dapat menghasilkan bunga.

Baca juga: Cara Menjaga Tanaman Cabai di Dalam Ruangan Selama Cuaca Dingin

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menghalau serangan hama adalah dengan pencegahan dan pengendalian.

Cara mencegah hama thrips pada tanaman cabai dapat dilakukan sebagai berikut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com