Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Cat Dinding yang Mampu Meredakan Stres, Apa Saja?

Kompas.com - 15/02/2022, 08:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Pure Wow

JAKARTA, KOMPAS.com - Keadaan atau kondisi rumah dapat memengaruhi suasana hati penghuninya. Namun demikian, warna cat dinding di rumah pun ternyata memiliki pengaruh yang besar.

Dikutip dari Pure Wow, Selasa (15/2/2022), dalam studi yang dilakukan para peneliti di Minnesota State University (MSU), Amerika Serikat, warna-warna tertentu memiliki kekuatan untuk memengaruhi tingkat stres kita.

Mereka menemukan bahwa warna merah dapat meningkatkan stres. Sementara itu, warna hijau dan putih disebut dapat mengurangi stres.

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat untuk Setiap Ruangan di Rumah Menurut Feng Shui

Layanan desain online Decorist pun memberikan penjelasan mengenai warna-warna cat dinding yang dapat mengurangi stres. Berikut penjelasannya.

Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding warna biru. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding warna biru.

1. Biru

“Damai dan tenang, warna cat biru dapat menenangkan pikiran Anda, menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan dan bahkan memperlambat detak jantung Anda,” kata direktur pemasaran Decorist Julia Millay-Walsh.

“Untuk efek menenangkan di kamar tidur, ruang duduk, atau ruang santai lainnya, pilih warna yang lembut dan tenang," imbuh dia.

2. Hijau

“Setelah menghabiskan waktu di ruang (berwarna) hijau, studi MSU menemukan bahwa subjek memiliki skor peringkat stres yang lebih rendah dibandingkan dengan ruang merah. Cat hijau dengan nada krem atau kuning pucat disarankan sebagai warna yang paling menghilangkan stres," papar Millay-Walsh.

3. Pink lembut

“Sementara warna merah muda cerah seperti fuchsia atau merah muda gelap yang hampir merah sebenarnya dapat meningkatkan tingkat stres Anda, warna merah muda berdebu yang lembut, yang memiliki dosis putih yang banyak, dapat memiliki efek damai dan menenangkan," tutur Millay-Walsh.

Baca juga: 5 Cat Kamar Mandi yang Penuh Warna untuk Tampilan yang Menyegarkan

Ia menyarankan untuk menggunakan warna pink pastel yang tidak akan membuat Anda terlalu bersemangat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com