Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peralatan Masak Silikon Berbau? Ini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 14/02/2022, 23:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan masak silikon memiliki banyak kelebihan, mulai dari anti lengket, aman untuk mesin pencuci piring, mudah dibentuk untuk penyimpanan yang nyaman, dan tahan terhadap suhu yang sangat dingin dan panas.

Namun, jika Anda pernah menggunakan produk berbasis silikon, Anda mungkin tahu betapa mudahnya bau menempel pada bahan setelah beberapa kali digunakan.

Loyang dan spatula silikon menyerap bau menyengat seperti bawang putih dan bawang merah, sementara nampan es batu mulai menyerap aroma bagian belakang freezer.

Baca juga: Cara Membersihkan Peralatan Makan Emas Pakai 3 Bahan di Dapur

Ilustrasi peralatan masak berbahan silikon. SHUTTERSTOCK/OKSANA SHUFRYCH Ilustrasi peralatan masak berbahan silikon.

"Menghilangkan aroma dari silikon adalah pekerjaan yang sulit untuk diatasi dan kemungkinan besar akan memakan waktu," kata Vera Peterson, Presiden Direktur Molly Maid yang dilansir dari Martha Stewart, Senin (14/2/2022).

Meskipun Anda membutuhkan lebih dari sekadar membilas secara rutin di mesin pencuci piring atau wastafel dapur untuk menghilangkan bau yang membandel dari peralatan masak silikon, itu bisa dilakukan.

Para ahli memberikan tips tentang cara terbaik menghilangkan bau dari produk dapur silikon, mulai dari nampan es batu dan spatula hingga loyang dll, seperti berikut ini. 

Baca intruksi produsen 

Meskipun para ahli memiliki trik tersendiri untuk menghilangkan bau dari silikon, mereka menyarankan untuk memulai dengan membaca petunjuk pada produk yang ingin Anda bersihkan.

Baca juga: Cara Membuat Peralatan Makan Mengkilap Pakai Aluminium Foil

"Untuk beberapa item, direkomendasikan untuk mencuci dengan tangan, yang lain mengizinkan menggunakan mesin pencuci piring, terkadang dengan rak paling atas yang ditentukan," jelas Mary Gagliardi, ilmuwan internal dan ahli kebersihan di Clorox.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com