Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fakta Unik Kucing Ragdoll, Si Mata Biru yang Setia pada Pemiliknya

Kompas.com - 14/02/2022, 21:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKucing Ragdoll dikenal memiliki mata biru dan wajah imut serta menggemaskan. Kucing Ragdoll juga mempunyai bulunya yang panjang dan perilakunya yang tenang.

Kucing Ragdoll memiliki fitur yang terbilang cukup unik. Bulu pada bagian wajahnya memiliki corak berwarna cokelat yang membentuk seperti topeng. Meski demikian, keunikan kucing Ragdoll tidak sebatas pada fitur wajahnya saja.

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (14/2/2022), berikut 10 fakta unik kucing Ragdoll

Baca juga: 13 Fakta Menarik Kucing Tuksedo, Bisa Berenang dan Dianggap Bawa Hoki

Pertama kali didaftarkan pada 1966

Ilustrasi ras kucing Ragdoll. PIXABAY/TRAN MAU TRI TAM Ilustrasi ras kucing Ragdoll.

Kucing Ragdoll pertama kali didaftarkan pada 30 Desember 1966 di Amerika Serikat (AS) oleh seorang pengembang biak kucing bernama Ann Baker.

Dilansir dari Cuteness, Baker pertama kali mulai membiakkan kucing Ragdoll pada 1963. Awalnya, dia mengawinkan kucing yang rasnya mirip seperti Birman dengan kucing Angora berwarna putih.

Perkawinan ini menghasilkan seekor kucing bernama Daddy Warbucks—keturunan kucing ini akan terus menciptakan empat kucing dasar dari ras kucing Ragdoll.

Baca juga: Hati-hati, Simak 3 Hal Ini Sebelum Membelai Kucing  

Tingkah lakunya mirip dengan anjing 

Menurut Cat Fanciers Association (CFA), kucing Ragdoll berbeda dengan kucing pada umumnya karena lebih tertarik dengan manusia.

Bahkan, kucing ini dikatakan mirip dengan anjing lantaran kesetiaannya terhadap pemiliknya, Kucing Ragdoll akan menyambut pemiliknya di depan pintu, mengikuti ke setiap ruangan, dan membantu dengan apa pun yang kamu lakukan.

Penamaan yang mengikuti tingkah lakunya

Ilustrasi kucing - Kucing Ragdoll.SHUTTERSTOCK / VeronArt16 Ilustrasi kucing - Kucing Ragdoll.

International Cat Association (TICA) mengungkapkan, nama “Ragdoll” disematkan berdasarkan dari tingkah lakunya. Saat digendong manusia, ras kucing ini akan terkulai seperti boneka.

Beberapa Ragdoll bukan kucing yang gemar dipangku atau digendong, tetapi sangat toleran dan akan tetap santai terkulai saat digendong. 

Baca juga: Bukan Mistis, Ini Alasan Mata Kucing Bersinar Saat Kondisi Gelap

Matanya selalu berwarna biru

Kucing Ragdoll tradisional memiliki mata berwarna biru, entah itu biru muda maupun biru tua. Jika warnanya berbeda, ada kemungkinan kucing ini adalah ras campuran meski tidak selamanya seperti itu.

Aspen Ragdoll, pengembang biak kucing Ragdoll, menjelaskan bahwa jenis Mink Ragdoll dapat memiliki warna mata yang mengarah ke hijau. 

Sementara itu, untuk Sepia Ragdoll, warna matanya tidak menentu. Mereka dapat berwarna hijau hingga emas atau cokelat hingga biru.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Ketika Kucing Peliharaan Sudah Menua 

Bulunya selalu berwarna putih 

Ilustrasi kucing ragdoll.PIXABAY/WOODSILVER Ilustrasi kucing ragdoll.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com