Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali, Ini 8 Suara Aneh yang Dikeluarkan AC dan Penyebabnya

Kompas.com - 14/02/2022, 19:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Ahs

JAKARTA, KOMPAS.com - AC menjadi peralatan elektronik yang berfungsi menyejukan ruangan di rumah.

Biasanya, unit AC efisiensi tinggi menggabungkan teknologi peredam suara dan kompresor dua tahap (kecepatan variabel) untuk menjaga tingkat kebisingan di bawah 55 desibel. 

Baca juga: Jangan Menyapu Lantai Saat AC Menyala, Ini Risikonya

Jadi, ketika mendengar suara asing atau sangat keras dari AC, Anda patut mencurigai bahwa AC mengalami kendala. 

Seperti dilansir dari American Home Shield, Senin (14/2/2022), suara-suara aneh yang keluar dari AC dapat mengubah masalah kecil menjadi pengeluaran besar.

Sebab, suara tersebut dapat menandakan masalah apa pun, dari perlunya penyetelan sederhana, perbaikan yang mahal, hingga penggantian unit AC. Semakin cepat menentukan penyebab kebisingan dan mengatasi masalah AC, semakin baik.

Berikut adalah beberapa suara aneh yang dikeluarkan AC dan penyebabnya. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa AC Perlu Dibersihkan 

Suara benturan AC

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan. SHUTTERSTOCK/DONIKZ Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.
Suara benturan dari AC merupakan tanda ada bagian yang longgar atau rusak di dalam kompresor AC. Bisa juga blower dalam ruangan Anda tidak seimbang.

Suara benturan juga dapat menunjukkan bahwa AC memerlukan penggantian kompresor. 

Suara dentang AC

Suara dentang adalah tanda lain dari bagian yang longgar atau tidak seimbang. Bagian-bagian di dalam unit yang disegel kemungkinan besar telah rusak dan kompresor menjadi longgar sehingga memerlukan penggantian.

Bunyi ini juga dapat berarti bahwa blower dalam ruangan atau kipas luar dan bilahnya tidak seimbang serta mengenai bagian lain. Jika diabaikan, masalah akan bertambah buruk dan menciptakan masalah lebih besar. 

Baca juga: 5 Mitos Penggunaan AC yang Sebenarnya Keliru

Suara klik AC

Suara klik komponen listrik saat menyalakan dan mematikan AC adalah bagian normal dari operasi sistem, tetapi klik konstan atau berkelanjutan menandakan adanya masalah.

Ini bisa menjadi tanda kontrol yang rusak atau termostat gagal. Ada banyak komponen kelistrikan di unit Anda, jadi sangat penting memperhatikan potensi masalah kelistrikan sesegera mungkin sebelum mengalami masalah lebih besar. 

Baca juga: 7 Langkah Sederhana yang Dapat Membuat AC Lebih Tahan Lama 

Suara dengung AC

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC. SHUTTERSTOCK/M2020 Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC.
Suara mendengung dari unit luar AC dapat berarti ada bagian yang longgar, puing-puing di unit indoor atau outdoor, kumparan kondesor perlu dibersihkan, filter udara yang perlu diganti, atau refrigerant bocor, dan AC membeku.

Jika AC tidak mendingin, ini bisa menjadi alasannya. Apabila unit AC tampak bekerja di luar, tetapi tidak mendingin di dalam, masalahnya kemungkinan adalah kebocoran refrigeran.

Ini mungkin atau mungkin tidak disertai dengan suara-suara, tergantung pada seberapa buruk kebocoran itu dan di mana lokasinya. 

Baca juga: Dampak Buruk Menyalakan AC Terus-menerus pada Kesehatan dan Lingkungan 

Halaman:
Sumber Ahs
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com