Kompas.com - 11/02/2022, 16:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing dikenal memiliki tatapan mata yang tajam, jernih, dan menyeramkan. Terlebih, saat berada dalam kegelapan, mata kucing bisa bersinar atau memantulkan cahaya.

Hal ini tak jarang membuat beberapa pemiliknya dan orang terkejut, bahkan takut. Akan tetapi, hal ini bukan sesuatu atau kondisi yang perlu dikhawatirkan. 

Baca juga: Kenali, Ini 5 Arti Bahasa Tubuh dan Verbal Kucing

Dilansir dari Cats.org.uk, Jumat (11/2/2022), mata kucing yang bersinar dalam kegelapan tidak berarti bahwa kucing peliharaan telah mengembangkan penglihatan sinar-X atau kemampuan menembakkan sinar laser dari matanya, tetapi disebabkan struktur bola matanya.

Baik kucing maupun manusia memiliki lapisan jaringan pada bagian belakang bola mata yang disebut retina. Ini terdiri atas sel peka cahaya yang mengubah cahaya yang kita lihat menjadi sinyal listrik.

Ilustrasi kucing, mata kucing. UNSPLASH/BCNY Ilustrasi kucing, mata kucing.

Sinyal-sinyal ini kemudian dikirim ke otak, yang menerjemahkannya untuk mengetahui apa yang sebenarnya kita lihat. 

Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Namun, karena kucing paling aktif saat fajar dan senja ketika tidak ada banyak cahaya alami yang tersedia, kucing membutuhkan alat tambahan untuk membantu meningkatkan penglihatannya pada malam hari. 

Pada bagian belakang retina bola mata kucing, ada lapisan jaringan lain yang disebut tapetum lucidum. Ini bertindak sebagai cermin, mengambil cahaya apa pun yang melewati retina, dan memantulkannya kembali ke sel-sel peka cahaya itu sehingga memberinya kesempatan kedua untuk dideteksi. 

Baca juga: Alasan Kucing Senang Mendekat ke Pemiliknya pada Pagi Hari

Namun, tidak semua cahaya ini ditangkap untuk kedua kalinya karena beberapa di antaranya hanya melewati retina lagi dan berjalan keluar melalui bagian depan bola mata. Hal inilah yang membuatnya seolah-olah mata kucing bersinar dalam kondisi gelap. 

Tanpa tapetum lucidum sulit untuk kucing melihat pantulan pada lingkungan dengan cahaya rendah tanpa cahaya yang keras.

Selain kucing, banyak hewan lain juga memiliki fitur tapetum lucidum atau mata bersinar dalam keadaan gelap seperti ikan dan domba, tetapi cahaya mereka dapat muncul dalam warna berbeda. Ini karena warna pancaran tergantung dari bahan pembuat tapetum lucidum. 

Baca juga: 6 Tempat di Rumah yang Disukai Kucing untuk Tidur

Ilustrasi kucing, mata kucing. Ilustrasi kucing, mata kucing.

Mata kucing terbuat dari molekul yang disebut ribfolavin dan seng. Jumlah seng ini menentukan bagaimana cahaya kuning, biru, atau hijau muncul dari mata kucing saat berada dalam kegelapan. 

Jadi, setiap kali melihat ada dua mata yang bersinar menatap Anda di luar kegelapan, itu hanyalah cahaya sekitar yang memantul dari mata kucing peliharaan, bukan menembakkan sinar laser dari matanya. 

Karena itu, Anda tidak perlu khawatir lagi, apalagi sampai mengkaitkan hal ini pada hal-hal mistis. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Cats.org


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.