Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2022, 17:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet menjadi elemen dekorasi yang banyak digunakan di beberapa ruangan di rumah seperti ruang tamu.

Tak hanya memberikan warna, penggunaan karpet juga bisa memberikan kenyamanan dan kehangatan pada ruangan. 

Baca juga: 6 Tips Merawat dan Membersihkan Karpet agar Tampak Baru Kembali

Akan tetapi, karpet yang diletakkan di ruang tamu mudah terlipat atau meninggal bekas lekukan akibat tertekan furnitur yang diletakkan di atasnya untuk jangka waktu lama. Namun, tak perlu khawatir, hal ini bisa diatasi dengan mudah.

Dilansir dari Reader's Digest, Selasa (1/3/2022), es batu dan sendok bisa mengatasi lekukan pada karpet kembali ke kondisi semula. 

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet dengan Alat dan Bahan Rumah Tangga

Ilustrasi karpet, cerminUnsplash/Spacejoy Ilustrasi karpet, cermin
Caranya, letakkan es batu pada area karpet yang terdapat lekukan atau lipatan. Jika karpet memiliki lipatan sangat besar atau panjang, Anda perlu meletakkan banyak es batu untuk mengembalikannya ke posisi semula.

Biarkan es batu mencair secara perlahan selama 12 jam. Setelah 12 jam, bersihkan semua noda basah dengan handuk atau spons penyerap. Karpet tidak harus 100 persen kering, sedikit lembap tidak masalah.

Kelembapan dari es batu yang meleleh secara perlahan memberikan waktu bagi serat karpet untuk mengembang serta mendapatkan kembali bentuk aslinya. 

Baca juga: 6 Jenis Serat Karpet yang Tepat untuk Setiap Bagian Rumah

Terakhir, gunakan ujung sendok untuk mendorong serat karpet kembali ke posisi tegak. Selain sendok, Anda bisa menggunakan koin.

Sebagian besar karpet dapat mengatasi kelembapan dari es batu yang mencair tanpa masalah. Namun, jika khawatir karpet basah, cobalah metode ini terlebih dahulu pada bagian karpet yang terlipat, tapi tidak begitu terlihat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com