Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Merawat dan Membersihkan Karpet agar Tampak Baru Kembali

Kompas.com - 23/02/2022, 13:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet merupakan salah satu item dekorasi yang banyak digunakan di setiap rumah. Karpet tak hanya mempercantik dekorasi ruangan, tapi juga memberi kehangatan, kenyamanan, dan melindungi lantai. 

Namun, karpet bisa menjadi kotor serta mengumpulkan banyak debu. Membiarkan kotoran, debu, dan tumpahan cairan menumpuk terus-menerus bisa membuat karpet semakin kotor, terlihat tua, bahkan rusak.

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet dengan Alat dan Bahan Rumah Tangga

Karena itu, penting membersihkan dan melakukan perawatan pada karpet secara rutin demi menjaga kebersihan dan kualitasnya. 

Nah, dilansir dari Bobvila, Rabu (23/2/2022), berikut tips merawat dan membersihkan karpet agar tampak seperti baru. 

Baca juga: 6 Jenis Serat Karpet yang Tepat untuk Setiap Bagian Rumah 

Vakum karpet secara teratur

Ilustrasi membersihkan karpet.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi membersihkan karpet.
Menyedot debu dapat membuat karpet tetap bersih serta memastikan karpet tetap terlihat seperti baru. Kotoran dapat mengikis karpet.

Ketika berulang kali kotoran ditekan ke karpet oleh lalu lintas pejalan kaki setiap hari, hal itu benar-benar dapat mengikis lapisan itu dari waktu ke waktu.

Menyedot debu seminggu sekali (dua kali seminggu di area sibuk) dapat menghilangkan hingga 75 persen kotoran dan debu serta mencegah karpet menua sebelum waktunya. 

Baca juga: Trik Menghilangkan Noda Bekas Kopi pada Karpet 

Pilih vacuum cleaner yang tepat

Sangat penting memilih vacuum cleaner yang tepat untuk membersihkan karpet. Misalnya, apakah Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah? Tangga berkarpet?

Karena tidak ada model vacuum cleaner yang unggul dalam semua jenis pembersihan, cobalah berinvestasi pada lebih dari satu vacuum cleaner sehingga dapat menangani semua tantangan pembersihan.

Misalnya, vacuum cleaner genggam tanpa kabel dapat digunakan untuk tangga, sementara vacuum cleaner biasa sangat bagus untuk ruangan berkarpet besar. 

Baca juga: Ini Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Karpet untuk Kamar Bayi

Menyerap tumpahan

Ilustrasi membersihkan karpetShutterstock/Africa Studio Ilustrasi membersihkan karpet
Tumpahan dari minuman atau makanan sulit dihindari terkena karpet, tetapi cara Anda membersihkannya membuat semua perbedaan.

Paling penting diingat adalah segera bersihkan tumpahan dan tidak pernah menggosoknya. Oleskan larutan pembersih ke area karpet yang terkena tumpahan. Semakin lama menunggu, semakin sulit menghilangkan noda.

Setelah itu, bersihkan dengan handuk kertas atau kain bersih karena ini memberi sedikit tekanan pada cairan dan membantu menyerapnya alih-alih membiarkannya masuk. Ingatlah menyeka dari luar ke dalam untuk mencegah tumpahan menyebar. 

Baca juga: 5 Manfaat Meletakkan Karpet di Lantai Rumah

 

Gunting serat karpet

Karpet, terutama Berber, pada akhirnya akan membuat serat-seratnya terangkat atau muncul ke permukaan, terutama jika rumah memiliki anak atau hewan peliharaan.

Namun, jangan pernah menarik serat karpet ini karena akan memperburuk masalah serta merobek karpet dari bagian belakangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com