Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membereskan Barang-barang di Rumah Menurut Para Ahli

Kompas.com - 16/02/2022, 08:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, setiap ruangan di rumah bisa dipenuhi dengan barang-barang. Kehadiran barang-barang tersebut tentu membuat ruangan tampak berantakan dan tidak terawat. 

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan decluttering atau menyingkirkan barang-barang. Decluttering bisa menjadi pengalaman berharga, tetapi juga bisa menjadi pengalaman menakutkan. 

Baca juga: 6 Hal yang Boleh dan Tidak Bisa Dilakukan Saat Berdonasi Barang

Namun, yakinlah tidak ada ruangan yang tidak mungkin bisa diatur. Bahkan, jika ruang Anda terasa sangat berantakan, ada cara merapikannya. 

Dengan memecah proses menjadi langkah-langkah yang dapat dikelola, dapat membuat kegiatan decluttering lebih cepat, lebih efisien, dan lebih mudah ditangani.

Dilansir dari My Domaine, Rabu (16/2/2022), berikut cara membereskan barang-barang di rumah. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Tips Cepat dan Mudah Merapikan Rumah

Cara mengatur ruangan yang berantakan

  • Tetapkan tujuan untuk ruangan 

Ilustrasi merapikan rumah; Ilustrasi menyingkirkan barang atau declutteringSHUTTERSTOCK Ilustrasi merapikan rumah; Ilustrasi menyingkirkan barang atau decluttering
Pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai sebelum mulai membereskan barang-barang. Apakah berharap membersihkan ruangan atau mengurangi barang-barang lama?

“Tetapkan tujuan khusus untuk ruangan itu. Hasil apa yang ingin Anda capai? Seperti apa kemenangan besar itu?," kata Joanna Wirick, penyelenggara kehidupan dan rumah profesional di Joanna Organize.

Membayangkan skenario impian Anda dapat membantu mengklarifikasi apa yang perlu dilakukan dan memotivasi ketika menghadapi tantangan selama kegiatan decluttering. 

 

Baca juga: Hindari 9 Kebiasaan Membersihkan Rumah yang Ternyata Buruk 

  • Tangani beberapa logistik

Setelah menetapkan tujuan, luangkan waktu sejenak untuk menangani beberapa logistik sebelum melakukan decluttering.

Wirick mengatakan untuk membuat rencana seperti hari dan jam berapa akan melakukannya dan di mana Anda akan menyumbangkan barang-barang tersebut. 

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menghemat waktu membereskan barang-barang nantinya. Selain itu, memastikan Anda memiliki semua persediaan yang dibutuhkan untuk menyortir dan menyimpan barang-barang. 

 

Baca juga: 5 Tips Paktis Merapikan Rumah dan Barang-barang ala IKEA 

  • Pilih titik awal yang strategis 

Ilustrasi merapikan pakaian dan barang-barangShutterstock/Kostikova Natalia Ilustrasi merapikan pakaian dan barang-barang
Pada titik ini, Anda telah melakukan semua perencanaan yang perlu dilakukan serta menetapkan tujuan dan jadwal pembersihan. 

Wirick merekomendasikan memulai dengan tugas tersulit di depan Anda. “Saya akan merekomendasikan memulai dengan area yang Anda akan merasakan dampak terbesarnya,” katanya.

"Pikirkan tentang ruang yang menyebabkan bahu Anda tegang. Dengan menyingkirkan bagian proses yang paling membuat stres, Anda dapat mempersiapkan diri untuk sukses." 

Namun, jika bagian paling menegangkan dari decluttering Anda terdengar terlalu menakutkan untuk ditangani, mulailah dengan sesuatu yang sedikit lebih mudah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com