Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2022, 08:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki tanaman pepaya di kebun atau halaman rumah, coba perhatikan buah pepaya, daun, serta barangnya. Apakah ada bercak-bercak putih bertekstur halus seperti kapas yang mungil?

Jika ya, maka tanaman pepaya Anda diserang hama kutu putih atau kutu kebul. Serangan hama ini terutama pada tanaman pepaya yang sedang berbuah dengan gejala buah pepaya menjadi berwarna hitam.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (15/2/2022), apabila terjadi serangan berat, buah pepaya akan membusuk dan keriput. Bila kutu putih menyerang daun, maka akan menunjukkan gejala kerdil dan memberi pengaruh terhadap proses pertumbuhan tanaman.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih dengan Bawang Putih dan Cabai Rawit

Ilustrasi hama kutu putih pada tanaman.SHUTTERSTOCK/PROTASOV AN Ilustrasi hama kutu putih pada tanaman.

Jika kutu putih menyerang batang, maka akan terlihat gejala kehitam-hitaman pada batang yang terkena. Serangan berat akan mengakibatkan buah gugur dan batang membusuk serta dalam waktu tidak begitu lama batang akan mati.

Cara membasmi kutu putih pada pohon pepaya

Dalam satu minggu, kutu putih bisa berkembang biak hingga menutupi penuh pada satu daun atau satu buah. Dengan demikian, jika Anda melihat serangan kutu putih, maka harus segera dilakukan tindakan.

Kutu adalah termasuk serangga, sehingga penanggulangannya tentunya dengan pestisida golongan insektisida. Akan tetapi, kutu putih terlindungi oleh lapisan lilin, sehingga penanggulangannya tidak mudah.

Sebelum dilakukan penyemprotan dengan insektisida, Anda harus melemahkan lapisan lilin tersebut. Salah satunya adalah menggunakan larutan air deterjen.

Baca juga: Cara Membasmi Hama Kutu Putih di Batang dan Daun Tanaman Hias

Penyemprotan dengan deterjen ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Dengan penyemprotan menggunakan detergen tersebut lapisan lilin akan rontok walau tidak seluruhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com