Kompas.com - 17/01/2022, 19:21 WIB
Ilustrasi barang bekas ShutterstockIlustrasi barang bekas

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama pandemi Covid-19, banyak orang menghabiskan waktunya di rumah, baik bekerja maupun sekolah dari rumah. 

Bahkan, ada juga kegiatan belanja secara daring yang membuat rumah menjadi terasa penuh. Situasi ini tentunya dapat menghalangi beraktivitas dengan leluasa.

Baca juga: 10 Cara Menghemat Waktu saat Membersihkan Rumah, Salah Satunya Multitasking

Untuk itu, memiliki rumah yang bersih dan rapi serta ruang yang cukup untuk beraktivitas menjadi salah satu resolusi pada 2022.

Lantas, bagaimana merapikan rumah?

Melansir dari siaran pers IKEA Indonesia yang diterima Kompas.com, Senin (17/1/2022), berikut lima tips praktis merapikan rumah atau barang-barang atau decluttering. 

Baca juga: Manfaat Kain Mikrofiber untuk Membersihkan Rumah

Mulai dari satu area terlebih dulu

Untuk menjaga tampilan dapur minimalis, pastikan di atas meja hanya menaruh barang-barang yang digunakan setiap hari dan tidak praktis jika dipindah-pindahkan setiap hari.UNSPLASH/BECCA TAPERT Untuk menjaga tampilan dapur minimalis, pastikan di atas meja hanya menaruh barang-barang yang digunakan setiap hari dan tidak praktis jika dipindah-pindahkan setiap hari.

Tantangan yang ditemui saat ingin menyortir barang adalah titik untuk memulainya. Sering kali situasi ini menganggu kesehatan mental penghuni rumah. 

Ahli saraf kognitif University College London, Sophie Scott, mengatakan merapikan rumah membantu meningkatkan hormon neurotransmitter dopamin. Hormon ini dapat membuat kamu menjadi senang sehingga suasana hati meningkat.

Karena itu, merapikan rumah merupakan salah satu solusi menjaga kesehatan mental. Untuk lebih fokus, mulailah dari area rumah yang paling membutuhkan perubahan seperti ruang tamu, ruang kerja, kamar tidur, atau dapur. Manfaatkan rak penyimpanan serbaguna seperti Ekenabben yang fungsional.

Baca juga: 5 Alasan dan Manfaat Merapikan Tempat Tidur Setiap Hari

Gunakan metode empat kotak

Metode empat kotak dari Marie Kondo sangat praktis untuk membantu merapikan rumah. Siapkan empat kotak kosong terlebih dulu seperti kotak Tjena. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.