Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Pakaian Berbahan Fleece agar Tetap Lembut

Kompas.com - 12/02/2022, 19:34 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jenis bahan fleece umumnya digunakan sebagai bahan pembuat jaket karena memiliki permukaan lembut yang menghangatkan.

Selain itu kain berbahan fleece juga dikenal memiliki tekstur yang elastis dengan daya serap yang baik.

Meskipun dikenal sebagai jenis kain yang awet, kain fleece membutuhkan perawatan dan teknik pencucian khusus.

Perawatan yang tepat dimaksudkan agar kain fleece tetap lembut dan tidak ada kain yang menggumpal.

Melansir dari In The Wash, Sabtu (12/2/2022), berikut ini adalah cara menjaga pakaian berbahan fleece agar tetap lembut usai dicuci.

Baca juga: 5 Kegunaan Baking Soda untuk Mencuci Pakaian, Apa Saja?

Pilih siklus pencucian dingin

Untuk menjaga kelembutan kain fleece, selalu cuci dengan menggunakan air dingin. Jika ada noda atau kotoran yang sulit hilang, sebaiknya bersihkan dulu dengan cara mengoleskan sabun cuci cair lalu rendam selama 15 menit. Hindari menggunakan bahan kimia seperti pemutih karena dapat merusak serat kain.

Gunakan deterjen yang sesuai

Untuk mencuci kain berbahan fleece, gunakan deterjen yang ringan dan bebas bahan kimia. Gunakan jumlah minimum deterjen karena sabun yang berlebihan dapat mempengaruhi tekstur kain.

Selain itu hindari menggunakan pelembut atau kondisioner kain karena justru produk ini dapat mengurangi kelembutannya. Sebagai gantinya kamu dapat menambahkan cuka saat proses pembilasan.

Baca juga: Kehabisan Detergen, Ini Cara Aman Mencuci Pakaian dengan Sampo

Hindari gesekan yang tidak perlu

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / mariakray Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Selain menggunakan deterjen yang ringan, kamu juga perlu menggunakan siklus pencucian dengan putaran yang paling rendah. Ini akan melindungi bulu-bulu di kain fleece tetap lembut.

Pemilihan mesin cuci juga tak kalah pentingnya, sebaiknya gunakan mesin cuci bukaan depan karena putaran di bagian tengah mesin cuci bukaan atas dapat merusak serat kain fleece.

Hindari mencuci kain fleece dengan pakaian lain dengan jenis kain kasar seperti denim. Jika kamu ingin mencucinya bersama dengan pakaian lain, pastikan untuk membalikkan semua pakaian dan pastikan resletingnya terpasang dengan rapat.

Baca juga: Perhatikan, Ini Cara Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci Bukaan Atas

Penyebab permukaan kain fleece menggumpal

Salah satu kelemahan dari kain fleece adalah bagian luar kain yang mengelupas atau membentuk gumpalan kain yang menumpuk. Ini disebabkan oleh gesekan kain selama proses pencucian atau pemakaian.

Penumpukan gumpalan kain ini membuat kain fleece terlihat kusam dan usang, selain itu seringkali permukaan ini membuat kulit menjadi gatal dan tidak nyaman. Berikut ini adalah 2 cara mengatasi permukaan kain fleece yang menggumpal:

- Gunakan mesin pencukur kain dengan daya baterai untuk mengumpulkan gumpalan serat. Sebaiknya gunting beberapa gumpalan yang sudah terlalu besar agar tidak nyangkut di mesin.

- Gunakan pisau cukur sekali pakai, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati agar kain tidak robek.

Baca juga: Jangan Dilakukan, 6 Mitos Mencuci Pakaian Ini Justru Merusak Baju

Cara membuat kain fleece kembali lembut

Jika kamu terlanjur membuat kain fleece mu kusut karena pencucian menggunakan air panas, kamu tidak perlu khawatir.

Meskipun sulit untuk mengembalikan serat yang kusut, kamu bisa memperbaiki teksturnya agar terlihat lebih halus.

Cara terbaik yang bisa kamu lakukan ialah dengan menyisir kain saat kain masih lembab. Kamu bisa menggunakan sikat khusus hewan peliharaan atau sikat dengan bulu yang lembut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com