Kompas.com - 19/01/2022, 07:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran mesin cuci sangat membantu proses mencuci pakaian sehari-hari. Karena kebutuhan tersebut, produsen mesin cuci menghadirkan dua jenis mesin cuci, yakni mesin cuci bukaan atas dan bukaan depan. 

Banyak orang yang memilih dan beralih ke mesin cuci bukaan depan karena menghemat penggunaan air, energi, dan deteregen. Namun, tak sedikit yang masih memilih mesin cuci bukaan atas. 

Baca juga: 9 Barang Ini Juga Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Dilansir dari Southern Living, Rabu (19/1/2022), selain dapat mencuci pakaian besar serta mudah digunakan, mesin cuci bukaan atas memungkinkan penambahan beban pada menit-menit terakhir.

Namun, ada beberapa trik memanfaatkan mesin cuci bukaan atas sebaik mungkin dan memastikan pakaian tetap bersih. Sebagai permulaan, pastikan detergen benar-benar mengenai pakaian, khususnya bila menggunakan detergen bubuk

"Anda harus memasukkan detergen setelah mesin cuci bukaan atas terisi air sehingga akan mengenai ke semua bagian," kata Sacha Dunn, pendiri dan CEO Common Good—sebuah perusahaan pemasok sabun dan pembersih. 

Baca juga: Bisakah Mencuci Bantal di Mesin Cuci? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Dunn juga merekomendasikan untuk mengikuti petunjuk pabrik dengan cermat saat menggunakan detergen. "Jangan gunakan detergen lebih dari yang direkomendasikan pabrikan," kata Dunn.

Detergen yang berlebihan dapat meninggalkan residu yang akan menarik kotoran dan tanah. Untuk mencucinya, hal pertama adalah memasukkan air, tambahkan detergen, dan masukkan pakaian. Dengan cara ini, detergen akan didistribusikan secara merata atau tercampur dengan air. 

Baca juga: 5 Tanda Menggunakan Terlalu Banyak Detergen Saat Mencuci di Mesin Cuci 

Distribusikan pakaian 

Ilustrasi mesin cuci bukaan atas.SHUTTERSTOCK/FAIZZAMAL Ilustrasi mesin cuci bukaan atas.
Saat memasukkan pakaian, cobalah mendistribusikan  secara merata di sekitar agitator tengah dengan menjaga keseimbangan mungkin.

Sebab, beban yang tidak seimbang dapat menyebabkan getaran cukup kuat untuk benar-benar menggerakkan mesin, yang pada akhirnya menyebabkan perbaikan yang mahal.

Selain itu, letakkan seprai dan handuk pada kedua sisi agitator alih-alih memutarnya di sekitar kolom tengah itu.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Bantal Tanpa Mesin Cuci

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.