Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Langkah Mudah Menata Dapur agar Rapi dan Sedap Dipandang

Kompas.com - 19/12/2021, 16:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah area di rumah yang dapat dikatakan paling sibuk. Dengan demikian, seringkali sulit menjaga agar dapur tetap rapi dan sedap dipandang.

Anda dapat mempelajari cara menata dapur agar selalu rapi, bersih, dan sedap dipandang. Dengan demikian, kegiatan memasak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi Anda sekeluarga.

"Saya sarankan Anda menetapkan pagi hari untuk melihat setiap benda di dapur Anda," kata Rhea Becker, pendiri The Clutter Queen seperti dikutip dari Real Homes, Minggu (19/12/2021).

Baca juga: Perhatikan, 5 Kebiasaan Ini Membuat Dapur Terlihat Berantakan

Ilustrasi dapur, lemari dapur. PIXABAY/JEAN VAN DER MEULEN Ilustrasi dapur, lemari dapur.

"Buka setiap lemari dan laci. Pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkan atau menginginkan barang-barang tersebut. Buang atau sumbangkan apa pun yang tidak Anda gunakan dan ulangi proses ini secara teratur," imbuh Becker.

Merapikan dapur dengan cara ini akan memungkinkan Anda untuk melihat dengan tepat apa yang Anda miliki, daripada harus menggali isi lemari dapur untuk menemukan hal-hal yang Anda butuhkan.

Berikut beberapa langkah mudah menata dapur agar rapi dan sedap dipandang.

1. Merapikan satu area, lalu area lainnya

Jangan mencoba membersihkan seluruh dapur dalam satu hari. Mulailah dengan membersihkan meja, lalu pindah ke lemari dapur, kemudian pindah ke lemari es dan terakhir lantai.

Baca juga: 5 Aturan Membagi Dapur Berdasarkan Zona agar Lebih Maksimal

"Setelah menyelesaikan satu area, Anda akan merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan area lainnya," ungkap Zac Houghton, CEO Loftera.

Ini juga akan membuka bantuan untuk mengidentifikasi area apa pun yang dapat dilakukan dengan lebih banyak hal dalam penyimpanan dapur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com