Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Menata Ruang Keluarga agar Tampak Rapi dan Nyaman

Kompas.com - 12/12/2021, 12:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga harus menjadi tempat yang memberi kebahagiaan karena merupakan tempat bersantai di rumah bersama keluarga. 

Untuk itu, ruang keluarga perlu ditata semenarik dan senyaman mungkin. Menata ruang keluarga berarti menjadikannya ruangan yang lebih ramah bagi Anda dan keluarga untuk menikmati lebih banyak waktu berkumpul serta relaksasi.

Melansir dari Real Estate, Minggu (12/12/2021), setidaknya ada empat area utama di ruang keluarga yang perlu ditata. Berikut tips menata ruang keluarga agar tampak rapi dan nyaman. 

Baca juga: 4 Tips Memaksimalkan Dekorasi Ruang Keluarga  

Jaga lantai dan permukaan datar tetap bersih

Ilustrasi ruang keluarga, furnitur di ruang keluargaUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang keluarga, furnitur di ruang keluarga
Permukaan datar seperti magnet yang berantakan. Salah satu alasan utama ruang keluarga mungkin tidak terlihat teratur adalah karena lantai atau permukaan datar dipenuhi terlalu banyak barang.

Lihatlah apa yang berada pada lantai dan meja kopi. Apakah ada tumpukan barang di lantai yang perlu disimpan atau disingkirkan? Di atas meja, apakah ada majalah lama, koran, dan barang-barang yang tidak perlu?

Segera bersihkan semua barang-barang yang tidak perlu dari lantai dan permukaan datar lainnya. Membersihkan permukaan datar pada ruangan keluarga dapat memberi rasa tenang, keteraturan, dan langsung meningkatkan kelapangan.

Ke depan, terus mempertahankan kebiasaan ini. Setelah selesai menggunakan sesuatu, kembalikan ke tempat yang semestinya.  

Baca juga: 5 Ide Desain Ruang Keluarga yang Cantik dan Sederhana 

Hilangkan tampilan kabel yang berantakan 

Jika ruang keluarga juga menjadi ruang menonton dan bekerja, kemungkinan besar ada banyak kabel peralatan elektronik yang kusut sehingga mengacaukan ruangan seperti kabel televisi dan laptop

Kabel kusut ini mungkin tertutup debu, penuh dengan warna berbeda, dan terlihat berantakan. Anda mungkin sudah terbiasa dengan kondisi tersebut, tapi tumpukan kabel ini benar-benar membuat ruangan terlihat tidak teratur.

Ada berbagai macam sistem manajemen kabel yang dapat bekerja dengan baik untuk menutupi kabel yang terlihat tersebut sehingga membuat ruang keluarga tampak jauh lebih rapi serta teratur. 

Baca juga: Ingin Mendekorasi Ruang Keluarga? Ketahui Ini 5 Aturannya  

Buat zona yang jelas untuk menciptakan kerapian 

Ilustrasi ruang keluarga rumah bergaya pertanian modernUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi ruang keluarga rumah bergaya pertanian modern
Jika ruang keluarga memiliki lebih dari satu tujuan seperti tempat menonton TV, tempat membaca, tempat bermain anak-anak, dan ruang kerja, sebaiknya membuat zona berbeda dalam ruangan untuk masing-masing fungsi tersebut.

Simpan semua barang yang diperlukan untuk setiap zona terpisah di dalam ruang keluarga. Berikan sebuah kotak untuk menampung barang-barang yang dibutuhkan untuk setiap fungsi.

Menciptakan zona yang jelas untuk barang atau aktivitas serupa berguna memudahkan untuk menemukan barang saat dibutuhkan, membantu menetapkan batasan untuk apa yang cukup masuk ke dalam zona itu, dan penyimpan barang jauh lebih mudah. 

Baca juga: 4 Tips Membuat Ruang Keluarga Outdoor yang Nyaman dan Cozy 

Jangan membebani ruang keluarga dengan furnitur besar

Salah satu alasan paling umum ruang keluarga terlihat tidak teratur adalah karena furnitur yang digunakan terlalu besar atau terlalu banyak. Furnitur yang besar dan banyak hanya menghabiskan terlalu banyak ruang sekarang.

Menyingkirkan beberapa furnitur dan barang-barang yang lebih besar membuat ruang keluarga terasa jauh lebih terbuka serta mengundang. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Aksesoris Terbaik untuk Ruang Keluarga

Ruang keluarga harus menjadi area di rumah yang benar-benar dapat menemukan relaksasi. Apabila ruang keluarga berantakan dan tidak teratur, tentu tidak akan memberi ketenangan.

Karena itu, perhatikan baik-baik apa yang ada di ruang keluarga dan lihat apa yang bisa dilakukan untuk membuka ruangan terasa lebih nyaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com