Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Karpet Ruang Keluarga

Kompas.com - 14/10/2021, 12:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga sering berfungsi sebagai pusat sosial sebuah rumah seperti berkumpul, bersantai, dan mengobrol bersama anggota keluarga.

Lantaran menjadi pusat sosial, penting untuk memperhatikan lantai di ruang keluarga. Pasalnya, lantai tersebut akan sering dilintasi dan digunakan untuk duduk, bermain, bahkan tidur. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Memilih Warna Karpet untuk Ruangan

Untuk itu, lantai ruang keluarga harus lembut, nyaman, dan menenangkan. Demi memperoleh ketiga hal tersebut, banyak pemilik rumah yang menggunakan karpet di ruang keluarga. 

Apalagi, karpet dapat memberikan dampak besar pada ruangan seperti mempercantik ruangan, memberi kehangatan, juga mengurangi kebisingan.

Namun, memilih karpetruang keluarga tidak boleh asal. Ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan. 

Melansir dari The Spruce, Kamis (14/10/2021), berikut ini lima faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih karpet untuk ruang keluarga.  

Baca juga: Selain Karpet, Ini 6 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner 

Daya tahan

Karena lalu lintas ruang keluarga yang tinggi, karpet harus memiliki daya tahan yang tinggi atau tahan lama.

Untuk memastikan karpet tahan terhadap keausan, carilah karpet berkualitas tinggi yang memiliki garansi tentang keausan. 

Saat berbelanja karpet untuk ruang keluarga, uji cepat kualitas produk dengan menekuk sampel ke belakang. Jika alasnya mudah terlihat, karpet dengan kepadatan rendah memiliki kualitas lebih rendah dan akan hancur lebih cepat.  

Baca juga: Cara Memilih Ukuran Karpet untuk Kamar Tidur

Kemudahan membersihkan

Karena ruang keluarga adalah salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah, tumpahan cenderung lebih sering terjadi ruang keluarga dibanding ruangan lainnya seperti kamar tidur

Memiliki lantai yang mudah dibersihkan akan membuat kehidupan di ruang keluarga jauh lebih tenang. Pertimbangkan memiliki karpet ruang kelaurga yang memiliki garansi noda seumur hidup.

Pilih karpet yang memiliki kebijakan menanggung semua noda, tanpa pengecualian, seperti pemutih dan hewan peliharaan atau pemutih). 

Baca juga: Simak, Ini Cara Memilih Karpet untuk Ruang Keluarga 

Kelembutan serat

Ilustrasi ruang keluarga rumah bergaya pertanian modernUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi ruang keluarga rumah bergaya pertanian modern
Jika keluarga Anda biasanya menghabiskan banyak waktu di lantai, baik untuk bermain permainan papan atau tidur, kelembutan karpet menjadi pertimbangan penting.

Sebagian besar produsen saat ini memiliki jajaran karpet "lunak", yang menampilkan serat jauh lebih halus daripada serat karpet tradisional.

Kelembutan juga bisa didapat dengan bantalan karpet yang diletakkan di bawah karpet. Bantalan karpet "busa memori" modern dapat menawarkan dua keuntungan, yakni daya tahan dan kelembutan. 

Baca juga: 5 Ide Menata Ruang Keluarga agar Tampak Abadi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com