Kompas.com - 14/10/2021, 09:50 WIB
Ilustrasi kucing bermata besar Unsplash/Tran Mau Tri TamIlustrasi kucing bermata besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara kucing, berarti harus menjaganya tetap sehat dengan berbagai perawatan yang harus dilakukan.

Melansir dari Daily Paws, Kamis (14/10/2021) untuk membantu kucing Anda menjalani kehidupan yang baik, dokter hewan di Los Angeles, AS Jeff Werber memberikan beberapa saran bermanfaat untuk pemilik hewan peliharaan, seperti berikut ini. 

1. Menyisir bulu kucing setiap hari

Menyikat atau menyisir buli kucing setiap hari akan mengurangi bola bulu yang dapat berkembang di saluran pencernaan.

 

Baca juga: Studi Ungkap Perilaku Kucing Dipengaruhi Kepribadian Pemiliknya

Karena kucing menghabiskan begitu banyak waktu untuk merawat dirinya sendiri, beberapa pemilik mungkin tidak menyadari bahwa menyikat adalah sesuatu yang dapat membantu hewan peliharaan mereka dengan menghilangkan bulu yang rontok. 

2. Hindari memberikan makanan kering terlalu banyak

Tidak seperti anjing, kucing tidak bisa menjadi vegetarian, bahkan untuk waktu yang singkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka mengandalkan daging sebagai dasar diet mereka, dan makanan utama hari itu harus selalu daging," kata Werber.

Dia memperingatkan bahwa memberi kucing diet makanan kering secara eksklusif dapat berarti mereka mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, yang bisa berakibat buruk bagi kucing dalam jumlah besar.

Baca juga: Tanpa Disadari, 5 Hal Sepele Ini Bikin Kucing Marah

"Kami melihat kucing mengembangkan diabetes tipe 2 dan menjadi gemuk karena terlalu banyak makanan kering," jelas Werber.

Jika Anda memiliki anjing dan kucing, Anda mungkin tergoda untuk memperlakukan mereka dengan cara yang sama, tetapi makanan anjing tidak baik untuk kucing, dan sistem tubuh kucing juga tidak dapat mentolerir karbohidrat seperti yang dilakukan sistem anjing.

3. Berikan air minum yang cukup

Kucing domestik saat ini berevolusi dari nenek moyang yang tinggal di gurun, yang berarti kucing tidak memiliki dorongan haus yang sama seperti anjing. Mereka perlu mendapatkan sebagian besar air dari makanan.

Sesuatu yang biasanya dimakan kucing di alam liar seperti tikus mengandung sekitar 70 persen air, sedangkan makanan kaleng mengandung 78 persen air. Makanan kering rata-rata hanya mengandung 5  hingga 10 persen air.

Halaman:


Sumber Daily Paws
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.