Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2021, 09:09 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang tentu ingin memiliki ruang keluarga dengan jendela setinggi plafon untuk membanjiri ruangan dengan cahaya alami.

Namun, kenyataannya tidak semua rumah memiliki anggaran untuk membeli kemewahan seperti itu. Sebagai solusi, gunakan lampu penuh gaya untuk menerangi ruang keluarga dengan pencahayaan alami yang minim. 

Baca juga: 5 Masalah Pencahayaan di Rumah dan Cara Mengatasinya

Untungnya, ada banyak tata letak dan perlengkapan lampu yang bisa dipilih untuk menerangi ruang keluarga. Mulai dari, lampu gantung yang menarik, lampu meja, hingga satu set tempat lilin yang dipasang pada dinding. 

Saat mempertimbangkan pencahayaan, bagi ke dalam tiga kategori, yakni pencahayaan umum, pencahayaan tugas, dan pencahayaan aksen.

Melansir dari My Domaine, Jumat (12/11/2021), berikut tujuh ide pencahayaan untuk ruang keluarga.  

Baca juga: 6 Permasalahan Pencahayaan yang Dialami di Dapur dan Cara Mengatasinya  

Pasang lampu gantung

Ilustrasi lampu gantung atau chandelier kristal. PIXABAY/PHOTOSFORYOU Ilustrasi lampu gantung atau chandelier kristal.
Jika cukup beruntung memiliki plafon yang tinggi, cobalah memasang lampu gantung. Opsi pencahayaan ini adalah cara sangat mudah untuk menciptakan titik fokus di ruang keluarga sambil menambahkan daya tarik visual ke ruangan. 

Saat menggantung lampu gantung, aturan praktis yang baik adalah semakin tinggi plafon, semakin tinggi lampu gantung sehingga sebanding dengan ruangan. 

Misalnya, jika tinggi standar plafon 2,4 meter, Anda bisa memasang ketinggian lampu gantung antara 50-60 sentimeter. 

Baca juga: 5 Ide Pencahayaan untuk Mencerahkan Setiap Ruang di Apartemen 

Gunakan lampu lantai

Sementara memasang lampu gantung perlu memanggil tukang listrik, lampu lantai dapat dicolokkan langsung ke stopkontak sehingga menjadikannya pilihan ideal bagi penyewa dan pemilik rumah yang tidak ingin mengebor plafon. 

Letakkan lampu lantai di sudut yang strategis dalam jangkauan lengan sofa Anda untuk kenyamanan. Lampu lantai memainkan peran fungsional dan dekoratif karena termasuk dalam kategori 'penerangan tugas' serta menerangi aktivitas sehari-hari.

Saat memilih lampu lantai dengan tampilan modern, pertimbangkan bentuk dan fitur sederhana seperti alas yang ramping dan nuansa berbentuk drum untuk menghindari dekorasi yang berlebihan di seluruh ruangan.  

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Jenis Pencahayaan untuk Kamar Mandi

Tempatkan lampu meja di meja samping

Ilustrasi ruang keluarga atau mendekorasi ruanganUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga atau mendekorasi ruangan
Lampu meja dapat langsung mencerahkan ruang keluarga dengan segera setelah dicolokkan. Pilih desain yang berfungsi ganda, yakni menerangkan ruangan serta menjadi elemen dekorasi.

Lampu meja juga termasuk dalam kategori penerangan tugas karena memainkan peran fungsional dalam menerangi ruang meja atau area membaca serta sebagai pencahayaan suasana hati.

Jika bekerja dengan ruangan yang lebih kecil, pertimbangkan lampu meja di ruang makan sebagai pengganti pencahayaan plafon untuk menciptakan suasana seperti kafe. 

Baca juga: 7 Pilihan Pencahayaan Terbaik untuk Kamar Tidur

Pilih pencahayaan tersembunyi

Ilustrasi pencahayaan di dalam rumahUnsplash/Outsite Co Ilustrasi pencahayaan di dalam rumah
Saat membutuhkan banyak cahaya yang tidak akan memenuhi ruang keluarga, pencahayaan tersembunyi adalah solusi praktis.

Pencahayaan ini akan memberikan cahaya yang terfokus dan menghadap ke bawah, tepat di tempat yang dibutuhkan. 

Beri pencahayaan pada karya seni

Berikan karya seni sorotan dengan pencahayaan tersendiri. Pilihannya berkisar dari lampu gambar hingga lampu track, lampu aksen yang dipasang pada plafon. Gunakan lampu gambar di rak buku untuk menyorot foto dan sketsa berbingkai juga. 

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Pencahayaan Alami pada Kamar Mandi Tanpa Jendela 

Tambahkan lampu hias

Pencahayaan aksen adalah dapat menambahkan tekstur, bentuk, dan kontras ke ruangan. Baik memilih tempat lilin pahatan, lampu gantung yang berkilauan, maupun deretan lilin, pencahayaan dekoratif benar-benar dapat meningkatkan suasana dan gaya pada ruangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com