Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2021, 18:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih palet warna adalah langkah pertama saat mendekorasi ulang rumah, termasuk ruang keluarga. Pemilihan warna untuk dinding ruang keluarga tentu saja sesuai kepribadian dan preferensi Anda.

Akan tetapi, psikolog warna mengatakan, ada warna yang tidak boleh digunakan untuk mengecat dinding ruang keluarga. Warna tersebut adalah merah dan kuning.

"Dalam hal ruang hidup utama kita, kita sering mencari tempat di mana kita dapat bersantai dan merasa nyaman. Sebagai sebuah ruang, kita juga cenderung menghabiskan cukup banyak waktu di dalamnya," kata psikolog warna Lee Chambers seperti dikutip dari Ideal Home, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: 5 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Karpet Ruang Keluarga

Ilustrasi ruang keluarga, karpet di ruang keluarga.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang keluarga, karpet di ruang keluarga.

Warna yang tidak boleh digunakan untuk mengecat dinding ruang keluarga

"Mengingat itu adalah tempat untuk regenerasi, saya sarankan untuk menghindari warna merah yang intens dalam jumlah besar," sebut Chambers.

Meskipun warna merah meningkatkan energi dan sosialisasi, tetapi getarannya dapat dengan cepat menjadi berlebihan, menjengkelkan. Ini pada akhirnya menghentikan Anda untuk menemukan ritme yang tenang setelah hari yang panjang.

Chambers juga menyarankan untuk berhati-hati dengan warna kuning cerah. Sebab, warna ini dapat membuat mata lelah dan menimbulkan perasaan gelisah.

"Yang lagi-lagi tidak memungkinkan kita mengakses ketenangan damai yang sering kita dambakan ketika kita menyelinap ke ruang tamu dan duduk di dalamnya. kursi favorit kita," ungkap Chambers.

Baca juga: 5 Ide Menata Ruang Keluarga agar Tampak Abadi

Sementara itu, konsultan warna dan terapis Suzy Chiazzari mengatakan bahwa warna dengan kecemerlangan yang sama harus dihindari. Ini menciptakan efek jungkat-jungkit saat mereka bersaing untuk mendapatkan perhatian.

Halaman:
Sumber ideal home
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com