Kompas.com - 29/11/2021, 09:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guinea pig atau tikus belanda adalah hewan peliharaan interaktif yang lucu dan menggemaskan. Akan tetapi, guinea pig membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat.

Mempelajari cara merawat guinea pig dapat membantu menjaga hewan peliharaan Anda tetap sehat dan bahagia. Dengan demikian, ia bisa menjadi hewan peliharaan yang menciptakan keceriaan bagi Anda pula.

Dilansir dari Love to Know, Senin (29/11/2021), berikut cara merawat guinea pig, termasuk memandikan dan memotong kukunya yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Alasan Mengapa Sebaiknya Kita Tidak Memelihara Hewan Liar

Ilustrasi guinea pig atau tikus belanda.PIXABAY/KATYA36 Ilustrasi guinea pig atau tikus belanda.

Perawatan guinea pig

Kebutuhan perawatan guinea pig akan bervariasi tergantung pada jenis bulu yang dimilikinya. Menjaga kandang tetap bersih juga akan membatasi jumlah perawatan yang dibutuhkan.

Secara umum, guinea pig berbulu pendek tidak perlu banyak disisir bulunya. Namun, Anda bisa menyisir bulunya seminggu sekali untuk menghilangkan bulu-bulu yang rontok.

Adapun guinea pig berambut panjang perlu disisir setiap hari dan sesekali dipangkas.

Semua guinea pig dapat memperoleh manfaat dari pemotongan kuku dua kali sebulan. Potong saja ujung kuku yang tajam.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Urine Hewan Peliharaan di Rumput Halaman

Semua guinea pig kadang-kadang perlu dimandikan bagian belakangnya untuk menghilangkan kotoran berkerak atau penumpukan urine, tetapi guinea pig berbulu panjang perlu dimandikan lebih sering.

Cara memandikan guinea pig

Guinea pig tidak perlu mandi secara teratur, tetapi mereka dapat mengambil manfaat dari mandi beberapa kali dalam setahun atau jika sangat kotor.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.