Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Saat Memandikan Kucing Peliharaan

Kompas.com - 22/11/2021, 14:41 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Purina

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah hewan yang pada dasarnya tidak perlu dimandikan karena kucing selalu menjilati tubuhnya terus-menerus untuk membersihkan diri.

Namun, ada beberapa keadaan yang bisa membuat kucing peliharaan harus dimandikan pemiliknya seperti terpapar kotoran yang sulit dihilangkan. 

Baca juga: Fakta-fakta Kebiasaan Tidur pada Kucing yang Sebaiknya Kamu Tahu

Untuk itu, kamu wajib memandikan kucing peliharaan untuk membuat bulunya berkilau kembali. Namun, ketika memandikan kucing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Dilansir dari Purina, Senin (22/11/2021), berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui saat memandikan kucing peliharaan. 

Baca juga: Apakah Anjing dan Kucing Bisa Berteman?

Alasan memandikan kucing

Ilustrasi memandikan kucing, kucingShutterstock/135 Pixels Ilustrasi memandikan kucing, kucing
Ketika kucing terpapar kotoran yang tidak bisa dibersihkan sendiri atau memiliki bulu panjang yang kusut, memandikannya merupakan ide bagus.

Kebanyakan kucing sangat tidak menyukai mandi dan hal itu dapat membuat kucing mendapatkan pengalaman sangat menegangkan. Cukup bersihkan tubuh kucing yang terdapat kotoran daripada membasahi seluruh tubuhnya.

Namun, jika kucing perlu dimandikan karena terkena zat beracun, bawa segera kucing ke dokter hewan terlebih dahulu. 

Baca juga: 7 Tips Memahami Kucing dari Bahasa Ekornya

Sebelum memandikan kucing

Sebelum memandikan kucing, lakukan semuanya dalam satu tempat sehingga mudah dijangkau. Berikut peralatan yang dibutuhkan untuk memandikan kucing.

  • Ember plastik besar dan wastafel atau bak mandi (dilapisi dengan alas lantai antiselip) untuk digunakan sebagai tempat mandi kucing.
  • Sampo khusus kucing atau anak kucing. Temukan produk serbaguna yang ringan tanpa bahan kimia atau pewangi yang keras. Jangan pernah menggunakan sampo manusia saat memandikan kucing karena itu tidak cocok untuk bulu dan kulit kucing akibat perbedaan tingkat pH.
  • Siapkan kondisioner kucing jika diperlukan. Sekali lagi, jangan gunakan kondisioner untuk rambut manusia.
  • Siapkan satu atau dua handuk.
  • Sisir untuk membantu menghilangkan kusut dan simpul. 

Baca juga: Alasan Mengapa Kucing Suka Menjilat Dirinya Sendiri

Memandikan kucing

Isi bak mandi dengan air hangat (bukan air panas) secukupnya untuk memandikan kucing dan masukkan kucing secara pelan-pelan ke dalam air.

Jangan mengisi bak mandi terlalu penuh dengan air karena ini dapat membuat kucing semakin cemas. Lakukan proses memandikan kucing secara lembut dan hati-hati, dari membersihkan bulunya hingga mengeringkannya.

Jangan pernah membuat proses memandikan kucing menjadi sebuah hal yang mencekam bagi kucing. Setelah selesai dimandikan, sisir bulu-bulu kucing agar tampilannya kembali seperti sedia kala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Purina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com