Kompas.com - 25/11/2021, 22:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com-- Menjadikan hewan liar sebagai hewan peliharaan adalah hal yang kejam dan juga ilegal. Banyak spesies yang indah dan karakteristiknya menarik perhatian orang.

Namun, saat ini, ada ribuan spesies di antara burung, mamalia, ikan, dan reptil yang tinggal jauh dari habitat aslinya, dengan tujuan untuk memuaskan keinginan manusia.

Hal yang paling rumit tentang memiliki hewan liar sebagai hewan peliharaan adalah bahwa sebagai pemilik, kita tidak akan pernah bisa memberi mereka apa yang mereka butuhkan dibandingkan jika mereka hidup di alam bebas.

Kita tidak akan pernah bisa mengajari mereka berburu, apalagi memberi mereka makanan yang mereka butuhkan untuk perkembangan yang tepat. Dengan kata lain, sedikit demi sedikit kita akan membunuh mereka saat mereka masih hidup.

Baca juga: 5 Cara Menjinakkan Kucing Galak dan Agresif

Apa itu hewan liar?

Hewan liar adalah hewan yang, dalam keadaan apa pun, tidak dapat dijinakkan. Mereka hidup di habitat alami mereka dan memindahkan mereka dari sana dapat membuat mereka mati, serta orang-orang yang merawatnya.

Di antara hewan liar yang telah diperkenalkan ke banyak rumah adalah ular, burung beo, iguana, kura-kura, dan berang-berang.

Bahkan harimau dan berbagai spesies primata telah dirawat di penangkaran, dengan hasil yang hampir selalu tidak memuaskan, kecuali jika mereka dipelihara di cagar alam.

Alasan mengapa kita tidak boleh memelihara hewan liar 

Memelihara hewan liar bukanlah ide yang baik. Pasalnya, kita bisa tersakiti dan mereka pun mengalami hal yang sama.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita tidak boleh memeliharan hewan liar seperti dilansir dari My Animals, Kamis (25/11/2021).

1. Mereka tidak melupakan sifat agresif

Seperti yang telah disebutkan, hewan liar tidak pernah melupakan naluri dan sifatnya. Jika seseorang 'mengadopsi' atau membeli hewan liar sebagai bayi, mereka mungkin berpikir

Halaman:


Video Pilihan

Sumber My Animals
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.