Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidak Sulit, Begini Cara Memandikan Guinea Pig Peliharaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Guinea pig atau tikus belanda adalah hewan peliharaan interaktif yang lucu dan menggemaskan. Akan tetapi, guinea pig membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat.

Mempelajari cara merawat guinea pig dapat membantu menjaga hewan peliharaan Anda tetap sehat dan bahagia. Dengan demikian, ia bisa menjadi hewan peliharaan yang menciptakan keceriaan bagi Anda pula.

Dilansir dari Love to Know, Senin (29/11/2021), berikut cara merawat guinea pig, termasuk memandikan dan memotong kukunya yang perlu Anda ketahui.

Perawatan guinea pig

Kebutuhan perawatan guinea pig akan bervariasi tergantung pada jenis bulu yang dimilikinya. Menjaga kandang tetap bersih juga akan membatasi jumlah perawatan yang dibutuhkan.

Secara umum, guinea pig berbulu pendek tidak perlu banyak disisir bulunya. Namun, Anda bisa menyisir bulunya seminggu sekali untuk menghilangkan bulu-bulu yang rontok.

Adapun guinea pig berambut panjang perlu disisir setiap hari dan sesekali dipangkas.

Semua guinea pig dapat memperoleh manfaat dari pemotongan kuku dua kali sebulan. Potong saja ujung kuku yang tajam.

Semua guinea pig kadang-kadang perlu dimandikan bagian belakangnya untuk menghilangkan kotoran berkerak atau penumpukan urine, tetapi guinea pig berbulu panjang perlu dimandikan lebih sering.

Cara memandikan guinea pig

Guinea pig tidak perlu mandi secara teratur, tetapi mereka dapat mengambil manfaat dari mandi beberapa kali dalam setahun atau jika sangat kotor.


Sebaiknya mulai memandikan mereka ketika mereka masih muda dan memasangkannya dengan sesuatu yang menyenangkan seperti sayuran atau buah-buahan, sehingga mereka tidak akan stres dengan mandi saat bertambah tua.

Anda membutuhkan sampo yang aman untuk guinea pig. Jika Anda memiliki bak cuci yang cukup besar, Anda dapat memandikannya di sana, jika tidak, menggunakan ember atau bak besar akan lebih baik.

Jika wastafel atau bak mandi memiliki permukaan yang licin, ada baiknya meletakkan waslap atau keset kamar mandi di bagian bawah agar tidak terpeleset dan takut.

Masukkan air hangat ke dalam ember lain atau wadah besar, lalu perlahan tuangkan sedikit air ke guinea pig, jauhkan dari wajah mereka.

Menggunakan air dengan cara ini alih-alih menyalakan keran lebih tenang dan bisa mengurangi stres bagi guinea pig.

Gunakan tangan Anda untuk menggerakkan air di sekitar bulu agar basah, berhati-hatilah untuk menghindari wajah guinea pig. Taruh sedikit sampo di tangan Anda dan busakan lalu perlahan-lahan oleskan ke bulu guinea pig dengan jari-jari Anda.

Bilas guinea pig dengan lembut sampai airnya jernih. Anda perlu memastikan semua sampo benar-benar terbilas sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Ambil handuk dan keringkan dengan lembut. Anda mungkin perlu menggunakan beberapa handuk untuk guinea pig yang berambut lebih panjang.

Anda juga harus membawa sisir dan sesekali menyisir bulu jika guinea pig berambut lebih panjang untuk mencegah kusut.

Dengan menggunakan pengering rambut biasa, letakkan guinea pig di permukaan yang aman, seperti meja, dan keringkan bulunya menggunakan pengaturan terendah.

Gerakkan jari Anda melalui bulunya agar lebih cepat kering dan gunakan sisir untuk mencegah kusut.

Pastikan guinea pig benar-benar kering sebelum memasukkannya kembali ke kandangnya.

Cara memotong kuku guinea pig

Yang terbaik adalah mulai memotong kuku guinea pig ketika mereka masih muda, sehingga mereka terbiasa dengan prosedur ini, sehingga mengurangi stres bagi Anda dan dia.

Anda dapat menggunakan gunting kuku manusia atau membeli gunting kuku di toko hewan peliharaan. Gunting yang dibuat untuk kucing atau hewan peliharaan kecil cocok untuk guinea pig.

Anda juga harus membeli bedak penahan darah untuk berjaga-jaga jika Anda tidak sengaja memotong quick, yang akan menyebabkan pendarahan. Jika belum pernah memotong kuku guinea pig sebelumnya, Anda perlu mengetahui letak quick agar tidak terpotong.

Mudah untuk melihat di mana ujung jari kaki mereka dimulai di bawah kuku. Jika Anda memiliki guinea pig dengan kuku berwarna gelap, yang terbaik adalah memotong sedikit dari ujung kuku.

Memotong kuku guinea pig paling mudah jika Anda membuatnya duduk di pangkuan Anda di atas sesuatu yang lembut seperti handuk atau selimut.

Guinea pig harus duduk di pangkuan Anda dengan punggung menghadap Anda.
Anda juga dapat membungkusnya erat-erat dengan handuk atau selimut dengan hanya menjulurkan kakinya.

Ini membantu untuk memberikan sesuatu baginya untuk fokus yang akan membuatnya merasa ini lebih menyenangkan. Anda bisa memberinya wortel atau irisan apel untuk dikunyah sambil memotong kukunya.

Pegang satu kaki dan gunakan gunting dengan lembut untuk memotong setiap kuku.


Jika kesulitan, mintalah dokter hewan Anda untuk menunjukkan cara memotong kuku babi Guinea Anda. Kebanyakan dokter hewan akan dengan senang hati menunjukkan kepada Anda atau meminta perawat mendemonstrasikan prosesnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/29/093900376/tidak-sulit-begini-cara-memandikan-guinea-pig-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke