Kompas.com - 23/10/2021, 08:17 WIB
Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit. SHUTTERSTOCK/ZASTOLSKIY VICTORIlustrasi dapur kecil, dapur sempit.

JAKARTA, KOMPAS.com- Mulai dari menata peralatan memasak seperti wajan dan panci, hingga memposisikan berbagai toples bumbu dapur sedemikian rupa agar tidak memakan banyak ruang dan berantakan, menata dapur kecil bukanlah hal yang mudah.

Tapi, bukan berarti hal itu tidak mungkin, ikuti tips berikut ini agar dapur mungilmu lebih efisien dan rapi ketika memasak.

Melansir dari Martha Stewart, Sabtu (23/10/2021), berikut cara agar memasak lebih efisien di dapur yang mungil.

Baca juga: 4 Tips Membersihkan Cipratan Minyak Goreng di Dapur

Letakkan bumbu dapur di tempat strategis

Tinggalkan bahan dasar seperti garam, merica segar, minyak zaitun, dan cuka di meja sehingga mudah dijangkau daripada disimpan di lemari.

Tapi jangan khawatir akan membuat kekacauan, jaga agar meja Anda tetap bersih dari merica dan tumpahan minyak dengan mengumpulkan barang-barang penting ini di dalam wadah khusus. Anda juga bisa meletakkan bumbu dapur ini di rak bumbu, laci atau kabinet.

Baca juga: Tips Mengatur Dapur Kecil agar Tetap Rapi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Atur peralatan masak

Simpan panci, tutup, talenan, dan loyang dalam rak terorganisir seperti rak kayu tumpuk yang ramah lingkungan atau rak peralatan masak yang dapat disesuaikan.

Anda tidak hanya akan dapat memuat lebih banyak peralatan masak, tapi juga lebih mudah menemukan barang-barang yang ingin digunakan.

Jika Anda ingin memisahkan beberapa koleksi peralatan makan atau sekadar menghindari tumpukan piring salad di atas piring makan, gunakan rak kabinet yang memiliki beberapa tingkatan.

Baca juga: 8 Hal yang Harus Diketahui tentang Dapur Modern

Cara menata kulkas

Ilustrasi dapur dengan nuansa warna hijau. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi dapur dengan nuansa warna hijau.

Entah ukuran kulkas Anda 1 pintu atau 2 pintu, hal yang perlu diperhatikan ketika menata kulkas ialah keamanan bahan makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.