Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Menata Dapur Kecil agar Lebih Efisien dan Praktis Saat Memasak

Tapi, bukan berarti hal itu tidak mungkin, ikuti tips berikut ini agar dapur mungilmu lebih efisien dan rapi ketika memasak.

Melansir dari Martha Stewart, Sabtu (23/10/2021), berikut cara agar memasak lebih efisien di dapur yang mungil.

Letakkan bumbu dapur di tempat strategis

Tinggalkan bahan dasar seperti garam, merica segar, minyak zaitun, dan cuka di meja sehingga mudah dijangkau daripada disimpan di lemari.

Tapi jangan khawatir akan membuat kekacauan, jaga agar meja Anda tetap bersih dari merica dan tumpahan minyak dengan mengumpulkan barang-barang penting ini di dalam wadah khusus. Anda juga bisa meletakkan bumbu dapur ini di rak bumbu, laci atau kabinet.

Atur peralatan masak

Simpan panci, tutup, talenan, dan loyang dalam rak terorganisir seperti rak kayu tumpuk yang ramah lingkungan atau rak peralatan masak yang dapat disesuaikan.

Anda tidak hanya akan dapat memuat lebih banyak peralatan masak, tapi juga lebih mudah menemukan barang-barang yang ingin digunakan.

Jika Anda ingin memisahkan beberapa koleksi peralatan makan atau sekadar menghindari tumpukan piring salad di atas piring makan, gunakan rak kabinet yang memiliki beberapa tingkatan.

Entah ukuran kulkas Anda 1 pintu atau 2 pintu, hal yang perlu diperhatikan ketika menata kulkas ialah keamanan bahan makanan.

Ikan, daging ayam, dan daging merah harus selalu disimpan di rak paling bawah untuk menghindari kontaminasi silang dan risiko penyebaran salmonella.

Cara lain untuk memastikan Anda menggunakan sisa makanan dan membuka makanan kaleng adalah dengan memberi label dan memberi tanggal pada setiap wadah. Gunakan selotip dan spidol untuk memberikan keterangan.

Maksimalkan ruang pada dinding

Alih-alih menyimpan pisau Anda di laci atau di blok pisau kayu yang besar, tempelkan ke bilah pisau ke magnet yang dapat dipasangkan di dinding.

Ini merupakan cara yang mengesankan untuk menampilkan koleksi pisau Anda. Simpan sendok, spatula, parutan Microplane, dan bahkan panci di batang logam dengan pengait, yang juga dapat disekrupkan ke dinding untuk tampilan yang lebih praktis.

Pilih set wadah dengan warna senada

Untuk dapur yang benar-benar sempurna, pindahkan makanan yang tidak mudah rusak seperti pasta, kerupuk, popcorn, dan pretzel ke wadah kedap udara.

Pilihlah warna senada agar terlihat lebih rapi juga clean. Untuk pilihan yang lebih ramah lingkungan, gunakan toples kaca serbaguna atau Toples Kaca Hermetik Bormioli yang memiliki penutup kedap udara dan segel.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/23/081700176/5-tips-menata-dapur-kecil-agar-lebih-efisien-dan-praktis-saat-memasak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke