Kompas.com - 22/10/2021, 23:00 WIB
Ada sejumlah perawatan rumahan yang diklain dapat menjadi cara menghilangkan stretch mark, termasuk olive oil atau minyak zaitun. PEXELS/PIXABAYAda sejumlah perawatan rumahan yang diklain dapat menjadi cara menghilangkan stretch mark, termasuk olive oil atau minyak zaitun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua orang tahu manfaat kesehatan yang didapat dari minyak zaitun ketika dipakai untuk memasak.

Namun, tahukah kamu bahwa minyak zaitun memiliki kegunaan untuk berbagai hal yang ada di dapur

Dilansir dari The Spruce, Jumat (22/10/2021), berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk membersihkan berbagai hal di dapur. 

Baca juga: Ragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Membersihkan Berbagai Area di Rumah

Lindungi talenan dan peralatan makan bahan kayu

Setelah mencuci talenan dan beberapa peralatan makan bahan kayu dengan tangan, beri lapisan tipis minyak zaitun sesudahnya.

Hal ini berguna  memberi nutrisi pada bahan kayu serta mencegah keretakan dan perubahan warna. Biarkan minyak zaitun melapisi bahan kayu selama lima menit, kemudian gosok dengan kain lembut.

Tidak membuat bahan lengket menempel di permukaan

Saat menyiapkan resep, lapisi gelas ukur dan sendok dengan sedikit minyak zaitun agar makanan lengket seperti madu dan selai kacang mudah terlepas. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Minyak Zaitun Bisa Membersihkan 5 Hal Ini di Rumah

Membuat peralatan baja tahan karat berkilau

Manfaat minyak zaitun untuk wajah termasuk meningkatkan kelembapan kulit, memberikan efek anti-penuaan, membantu mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, dan lainnya.dulezidar Manfaat minyak zaitun untuk wajah termasuk meningkatkan kelembapan kulit, memberikan efek anti-penuaan, membantu mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, dan lainnya.
Oleskan sedikit minyak zaitun pada kain lembut dan gosokkan kain ke peralatan baja tahan karat (stainless steel) seperti panci, bak cuci piring, dan sebagainya. Ini berguna mencegah goresan, kerak air, noda, dan korosi.

Setelah selesai digosok dengan kain yang dilapisi minyak zaitun, gosok kembali permukaan peralatan baja tahan karat dengan kain lembut. 

Baca juga: 10 Manfaat Minyak Zaitun di Rumah, Tidak Hanya untuk Masakan

Memperlambat noda pada permukaan perak

Minyak zaitun tak hanya membuat peralatan perak berkilau lebih lama, tapi juga  memperlambat noda.

Cukup oleskan minyak zaitun pada kain lembut, lalu gosokkan kain tersebut pada peralatan perak untuk memperlambat oksidasi yang menyebabkan noda. 

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun di Rumah, Bersihkan Talenan hingga Engsel Pintu

Menghilangkan residu lengket

Jika ada label kertas yang lengket dan sulit dihilangkan pada permukaan benda bahan plastik, kaca, maupun kayu, basahi label kertas tersebut dengan setetes atau lebih minyak zaitun.

Biarkan minyak zaitun tetap menempel di label kertas yang lengket minimal selama 15 menit.

Setelah itu, label kertas yang lengket akan mudah terkelupas dari permukaan barang-barang plastik, kaca, atau kayu. Selanjutnya, cuci dengan tangan untuk menghilangkan residu yang tersisa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.