Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Membersihkan Berbagai Area di Rumah

Kompas.com - 22/08/2021, 08:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS,com - Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak yang berasal dari tanaman zaitun. Minyak alami ini telah lama digunakan untuk berbagai kebutuhan, dari memasak, kesehatan, hingga kecantikan. 

Hal ini lantaran minyak zaitun mengandung beragam vitamin dan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dan kulit dari radikal bebas serta menyehatkan tubuh. 

Baca juga: Minyak Zaitun Bisa Membersihkan 5 Hal Ini di Rumah

Namun, selain itu, ternyata minyak zaitun juga memiliki manfaat lain, yakni membersihkan area rumah seperti dapur, kamar tidur, kamar mandi, juga taman. 

Melansir dari laman The Spruce, Minggu (22/8/2021), berikut ini manfaat minyak zaitun untuk membersihkan berbagai area dan perlengkapan rumah tangga. 

Baca juga: 10 Manfaat Minyak Zaitun di Rumah, Tidak Hanya untuk Masakan

Melindungi talenan kayu

Setelah mencuci talenan kayu dan berbagai peralatan dapur kayu lainnya, olesakan minyak zaitun secara tipis untuk memberi nutrisi pada kayu, mencegah retak, dan perubahan warna.

Setelah itu, diamkan minyak zaitun sekitar lima menit, kemudian gosok dengan kain lembut, dan bersihkan dengan air hingga bersih. 

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun di Rumah, Bersihkan Talenan hingga Engsel Pintu 

Melonggarkan noda lengket 

Sebelum menyiapkan makana, lapisi peralatan makan seperti gelas dan sendok dengan sedikit minyak zaitun. Hal ini akan membantu memudahkan melepaskan noda makanan yang lengket seperti madu serta selai kacang.

Mengilaukan peralatan dapur

Oleskan sedikit minyak zaitun pada kain lembut dan gosok peralatan dapur dengan material stainless steel, panci, dan bak cuci piring untuk mencegah goresan, noda air, juga korosi. Setelah itu, menggosoknya dengan kain lembut. 

Baca juga: 8 Manfaat Pasta Gigi untuk Membersihkan Noda Membandel 

Membersihkan sepatu kulit 

Selain peralatan rumah tangga, minyak zaitun juga bermanfaat membersihkan dan mengembalikan kilau sepatu kulit.

Oleskan sedikit minyak zaitun ke permukaan sepatu kulit menggunakan kain lembut, lalu gosok hingga bersih serta sepatu kembali berkilau. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Tepat Membersihkan Meja Dapur Marmer 

Mencegah karat pada pisau cukur

Sama dengan pisau dapur, pisau dapur juga rentan mengalami karat. Untuk mencegah karat dan melindungi agar tahan lebih lama, bersihkan pisau cukur kering dengan bola kapas atau kapas yang dicelupkan ke dalam minyak zaitun.

Setelah itu, biarkan pisau mengering sebelum digunakan. 

Baca juga: Tips Membuat Pisau Tetap Tajam 

Mengatasi engsel pintu yang berderit 

Beberapa engsel pintu di rumah seperti pintu rumah, pintu kamar tidur, pintu kamar mandi, pintu lemari, pintu kabinet, dan pintu mobil terkadang mengalami masalah berderit atau mengeluarkan suarat derit ketika hendak dibuka dan ditutup.

Untuk mengatasinya, oleskan beberapa tetes minyak zaitun pada pintu yang berderit, diamkan selama beberapa menit, dan tidak perlu membersihkannya.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda pada Gagang Pintu Bahan Kuningan 

Melindungi peralatan berkebun

Minyak zaitun juga bermanfaat melindungi peralatan berkebun dari karat dan kekeringan pada peralatan dengan gagang kayu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com